Menanamkan Kreativitas Anak Panti Asuhan Atap Langit Yogyakarta Dengan Mengelola Limbah Botol Plastik
Isi Artikel Utama
Abstrak
Sampah botol plastik selalu menjadi isu penting dalam pencemaran alam, baik pencemaran daratan maupun lautan. Kreativitas adalah tuntutan pendidikan dan kehidupan yang penting saat ini. Masyarakat yang memiliki keterampilan kreativitas selalu dibutuhkan oleh lingkungan karena mereka dapat mengatasi permasalahan yang terus berkembang. Tujuan kegiatan adalah menanamkan kreativitas pada anak Panti Asuhan Atap Langit dalam mengelola limbah botol plastik menjadi kerajinan tangan yang menarik. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan di Panti Asuhan Atap Langit Yogyakarta. Pengabdian ini mengkaji tentang upaya menanamkan kreativitas tentang pengolahan limbah botol plastik menjadi kerajinan tangan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil posttest menunjukkan bahwa peserta sudah mempunyai karakter kebersihan lingkungan dan adanya kreativitas dalam mengelola limbah botol plastik. Hasil akhir berdasarkan hasil pretes dan postes dapat dikategorikan berhasil dan memuaskan, anak mampu mengerjakan satu buah kerajinan tangan sesuai petunjuk. Dengan demikian kegiatan mengelola limbah botol plastik menjadi kerajinan tangan dapat menanamkan kreativitas anak Panti Asuhan Atap Langit.
Rincian Artikel
Referensi
Amin, M. A. N. A., Indriasih, D., & Utami, Y. (2022). Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Bagi Ibu-Ibu Pkk Desa Mejasem Barat, Kecamatan Keramat, Kabupaten Tegal. Journal of Community Service Nusantara (JPMN), 2(1), 35–41. https://doi.org/10.35870/jpmn.v2i1.580
Batubara, U. M., Hanif, I., Ilyas, N. F., Putri, P. P., & Putri, R. (2022). Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Ramah Lingkungan di Desa Kampar. Maspul Journal of Community Empowerment, 4(2), 291–299.
Hakim, A. H., Triadnyani, I. A. P., Nugroho, F., Putra, I. M. B. A., & Antari, N. P. B. W. (2022). Sosialisasi Mengenai Eco-enzyme Dan Pembuatan Kerajinan Tangan Dari Botol Plastik Bekas. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 7(1), 23–30. https://doi.org/10.33366/japi.v7i1.3203
Hikmawati, A., Haritsyah, H., Prabowo, M. Y., Hafiz, A.-B., Sapitri, D., Martari, S., Nofiri, M., Widayanti, W., & Dari, R. W. (2020). Pelatihan Pengelolaan Limbah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreatifitas Anak-Anak. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 131–138. https://doi.org/10.12928/jp.v4i2.1875
Huliatunisa, Y., Wibisana, E., & Hariyani, L. (2020). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1), 56–65. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2567
Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Landasan Pendidikan Vokasi di Era Kurikulum Merdeka. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 1015–1025. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4493
Lubis, F. A. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Project Based Learning. PeTeKa, 1(3), 192. https://doi.org/10.31604/ptk.v1i3.192-201
Luh, N., Mahendra Dewi, P., Maharani, S. E., Harson, R., Nyoman, I., & Sentana, N. (2023). “Pengabdian Masyarakat Tematik Kreasi Harmoni : Kukuhkan Kolaborasi Tumbuhkan Literasi” PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK (BOTOL PLASTIK) MENJADI KERAJINAN TANGAN YANG BERNILAI EKONOMIS. 2(1), 15–20.
Putri, R. F., & Silalahi, A. D. (2018). Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Bekas Menjadi Barang Yang Bernilai Estetika dan Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 233–236. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/pengabdian/article/download/86/80/
Rosadah, M. A., & Jayanuarto, R. (2021). Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Bernilai Estetika Dan Ekonomi Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 1(1), 95–102. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v1i1.2635
Rustiarini, N. W., Legawa, I. M., Adnyana, Y., & Setyono, T. D. (2021). Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Bernilai Ekonomi. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 10–21. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v2i2.502
Sari, K. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Konsep Diri Anak Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.44-50
Setiorini, I. L. (2018). PEMANFAATAN BARANG BEKAS MENJADI KERAJINAN TANGAN GUNA MENINGKATKAN KREATIVITAS MASYARAKAT DESA PAOWAN. Jurnal Pengabdian, 2(1), 53–61. https://media.neliti.com/media/publications/297760-pemanfaatan-barang-bekas-menjadi-kerajin-4444cb35.pdf
Sugiyono. (2021). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan) (A. Nuryanto (ed.)). Alfabeta.
Sulistiyani, R. (2022). Pelatihan Daur Ulang Sampah Botol Plastik Sebagai Media Pembelajaran Pengelolaan Sampah Dan Kreativitas. Journal of Community Service - PIMAS, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.35960/pimas.v1i1.736
Wiyono, H. D. (2020). Kreativitas Dan Inovasi Dalam Berwirausaha. Jurnal USAHA, 1(2), 19–25. https://doi.org/10.30998/juuk.v1i2.503