The Journaling Therapy untuk Meningkatkan Self-Compassion pada Remaja Panti di Asuhan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang journaling therapy untuk meningkatkan self-compassion pada remaja di Panti Asuhan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, dan artikel ilmiah. Berdasarkan literature review, journaling therapy dapat meningkatkan self-compassion pada remaja. Melalui kegiatan mencatat pengalaman, perasaan, dan refleksi pribadi, remaja dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang diri mereka dan mengurangi perasaan negatif. Oleh karena itu, penerapan Journaling Therapy di Panti Asuhan dapat membantu remaja untuk meningkatkan self-compassion.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ali, M. K. (2018). Penerapan Teknik Journaling Terhadap Peningkatan Aktualisasi Diri Siswa dalam Materi Qur’an Hadits Kelas Xi di MA Nurul Ulum Welahan Jepara Tahun 2017/2018. Doctoral Dissertation: IAIN Kudus.
Bradley T. Erford. (2015). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Sosial RI, (2004). Acuan Umum Pelayanan Sosial Anak di Panti Asuhan Sosial Anak. Jakarta: Depos RI.
Farmer, H. F., Byrne, J. E. M., & Mussap, A. J. (2024). A Self-Compassion Expressive Writing Intervention for Sexual Victimization Stigma. Stigma and Health. https://doi.org/10.1037/sah0000540
Fakhri, N., Ain, N., Purnama, L. I., & Abshar, S. A. (2023). Pengaruh pemberian terapi journaling dalam menurunkan tingkat stress klien di Balai Rehabilitasi BNN Baddoka. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 669-675. https://doi.org/10.56799/joongki.v2i3.2087
Haryanti, D., Pamela, E. M., & Susanti, Y. (2019). Perkembangan mental emosional remaja di Panti Asuhan. Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(2), 97-104. https://doi.org/10.26714/jkj.4.2.2016.97-104
Hussain, R., Shafique, U., & Khan, M. (2023). The Role of Journaling in Mental Health: A Review. International Journal of Health Psychology, 28(3), 412-425.
Kawitri, A. Z., Listiyandini, R. A., & Rahmatika, R. (2020). Peran Self-Compassion terhadap Dimensi-dimensi Kualitas Hidup Kesehatan Pada Remaja Panti Asuhan. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 01-18. https://doi.org/10.15575/psy.v7i1.4406
Murfield, J., Moyle, W., & O’Donovan, A. (2020). Self-Compassion As An Applicable Intervention Target for Family Carers of Older Adults: A Conceptual Commentary. International Journal of Geriatric Psychiatry, 35(4), 376–383. https://psycnet.apa.org/doi/10.1002/gps.5257
Neff, K. D. (2003). The Development and Validation of a Scale to Measure Self-Compassion. Self and Identity, 2(3), 223-250. https://psycnet.apa.org/doi/10.1080/15298860309027
Pramudita, R., & Kurniawan, A. (2023). "Pengaruh Journaling Terhadap Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Psikologi Indonesia, 10(2), 98-110. https://doi.org/10.69606/jps.v2i02.115
Syaila, A. P., & Rustyawati, R. (2023). “Berbicara dengan Tulisan” Sebagai Upaya Mengatasi Burnout pada Karyawan. Jurnal Serina Sosial Humaniora, 1(1), 430-437. https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. ISBN : 9786230975820
Suryaman, N. T., Wahjuningtijas, R., & Wulandari, W. (2023). PKM Optimalisasi Layanan Konseling dengan Journaling Therapy dalam Mengatasi Stres pada Guru BK SMK di SMK Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2(10), 2151-2162. https://orcid.org/0000-0002-0548-0635
Sohal, M., Singh, P., Dhillon, B. S., & Gill, H. S. (2022). Efficacy of journaling in the management of mental illness: a systematic review and meta-analysis. Family medicine and community health, 10(1), 1-7. https://doi.org/10.1136/fmch-2021-001154
Taboy, M. L. S., Martha Fiviany Christy Adar, Regitha Arghalya Beeh, Sherryn Trienanda Riwu, Mernon Yerlinda Carlista Mage, & R Pasifikus Ch. Wijaya. (2024). Teknik Journaling Sebagai Strategi Coping Stress bagi Remaja di GMIT Sesawi Oepura. PUSAKO : Jurnal Pengabdian Psikologi, 3(1), 6–17. 10.24036/pusako.v3i1.73
Utley, A., & Garza, Y. (2011). The Therapeutic Use of Journaling With Adolescents. Journal of Creativity in Mental Health, 6 (1), 29–41. http://dx.doi.org/10.1080/15401383.2011.557312
Wardi, R. A., & Ningsih, Y. T. (2021). Kontribusi Self Compassion terhadap Pembentukan Psychological Well-Being (Kesejahteraan Psikologis) : Sebuah Studi Literatur. Jurnal Riset Psikologi, 2021(1), 1–12. https://doi.org/10.18860/jips.v3i2.19427
Windiastuti, M. P., & Kaloeti, D. V. S. (2022). Studi Pendahuluan Pengaruh Self-Compassion Writing pada Mahasiswa dengan Depresi Ringan. Jurnal EMPATI, 11(4), 234-244. https://doi.org/10.14710/empati.0.36468
Zaharuddin, Z., & Wahyuni, R. N. (2021). Hubungan antara Self-Compassion dengan Resiliensi pada Remaja Panti Asuhan Bunda Pangkalan Balai. Indonesian Journal of Behavioral Studies, 1(4), 419-434.
19109/ijobs.v1i4.11922
Zahra, N. A., Prasetyo, A., & Hanafitri, A. (2021). Gambaran Self-Compassion dalam Relasi Berpacaran pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Padjadjaran. Jurnal Psikologi, 19 (2), 52-67. https://doi.org/10.47007/jpsi.v19i2.109