the Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada SMA Swasta Santo Petrus Medan

Isi Artikel Utama

Charmelita Aprilianti
Jelita Fransiska Sianturi
Anzelina Silalahi
Novfiana Br.Ginting
Eska Agustinus Sihotang
Junita Siahaan,M.Pd

Abstrak

Kegiatan "Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran Interaktif" dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2024 di SMA Swasta Santo Petrus Medan. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa dalam pembelajaran melalui penggunaan teknologi. Dalam acara yang berlangsung selama dua jam pelajaran ini, mahasiswa Magang III memberikan pemaparan tentang fitur dan manfaat aplikasi Quizizz, yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi secara aktif dalam proses belajar. Kegiatan diadakan di lapangan, di mana seluruh siswa dan guru turut berpartisipasi, menciptakan suasana belajar yang dinamis dan menyenangkan. Siswa menjawab kuis secara langsung menggunakan ponsel mereka, yang berhasil meningkatkan keterlibatan dan rasa ingin tahu mereka. Umpan balik dari peserta menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz tidak hanya membuat pembelajaran lebih menarik, tetapi juga meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam integrasi teknologi ke dalam proses pendidikan di SMA Swasta Santo Petrus Medan, serta mendorong rencana tindak lanjut untuk penggunaan aplikasi serupa di masa depan.

Rincian Artikel

Bagian
Bagian Kebijakan

Referensi

Abdillah, R., Kuncoro, A., Erlangga, F., & Ramdhan, V. (2022). Pemanfaatan aplikasi kahoot! dan quizizz sebagai media pembelajaran interaktif berbasis gamifikasi. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(01), 92-102.

Handayani, S., Huda, D. N., & Astuti, S. P. (2023). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Kabar Masyarakat, 1(2), 50-56.

Imtihan, K., Zaen, M. T. A., Fahmi, H., Ashari, M., & Fadli, S. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Untuk Penilaian Akhir Semester. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(4), 575-581.

Kalahatu, M. F. (2021). Persepsi peserta pelatihan dasar terhadap penggunaan quizizz sebagai metode evaluasi pembelajaran. Akademika, 10(01), 163-178.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73.

Nizaruddin, N., Muhtarom, M., & Nugraha, A. E. P. (2021). Pelatihan penggunaan quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran daring. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 291-296.

Rusmana, I. M. (2020). Pembelajaran matematika menyenangkan dengan aplikasi kuis online quizizz. Prosiding Sesiomadika, 2(1a).

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163-173.

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199.

Wijayanti, A., Lestari, W. F., Zahroini, A. L., Puspitasari, A. S. D., Pradana, A. S. N., & Ulya, C. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Powtoon & Quizizz dalam Pengajaran Teks Eksplanasi di SMA. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 202-212.

Salim, U. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 17(2), 221-234.

Suyanto, S., & Widiastuti, S. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(1), 57-68.

Wibowo, A. (2015). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi: Tantangan dan Peluang dalam Pendidikan Modern. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 23(3), 88-102.

Wijaya, H., & Sulaeman, S. (2017). Pembelajaran Kreatif dengan Media Digital: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarta, W., & Huda, M. (2018). Strategi Pembelajaran Efektif dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11(4), 72-83.