Peningkatan Edukasi Dan Deklarasi Anti Bulliying Terhadap Siswa Siswa Sekolah Dasar Di Kota Tangerang Selatan

Isi Artikel Utama

anggara satria pamungkas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi efektivitas peningkatan edukasi dan deklarasi anti bullying terhadap siswa-siswa sekolah dasar di Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan melibatkan penerapan program edukasi khusus yang disertai dengan deklarasi anti bullying di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang dampak negatif bulliying dan penurunan insiden bulliying. Peningkatan ini diukur melalui evaluasi partisipatif dan analisis data survei pra-dan pascapenerapan program. Temuan ini mendukung urgensi implementasi program serupa di sekolah dasar untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung. Penelitian ini memberikan pandangan yang berharga tentang peran pendidikan dan deklarasi anti bullying dalam melindungi siswa dari praktek bulliying.

Rincian Artikel

Bagian
Bagian Kebijakan
Biografi Penulis

anggara satria pamungkas, universitas islam syech yusuf

universitas islam syech yusuf

Referensi

Eliasa, E. I. (2017) „Budaya Damai Mahasiswa Di Yogyakarta‟, Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 1(2), pp. 175–190

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran konsep pencemaran lingkungan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk SMA kelas X. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2).

Nisa Aula Nurussalamah, Nazwa Guseynova Kamila, Cashia Anastasya, & Ahmad Rayhan. (2023). Pelatihan Kemampuan Berhitung Matematika Siswa dengan Metode Jarimatika di Kelas V SDN Pontang Legon 2. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(2), 193–199. https://doi.org/10.55123/abdikan.v2i2.1728

Rukmantara, A. (2019). Persen Anak Sekolah di DIY Masih Alami Perundungan. Diperoleh dari: rukmantara.

Sari, I. N., Azwar, I., & Riska, R. (2017). Kontribusi keterampilan proses sains siswa terhadap hasil belajar siswa pada materi wujud zat dan perubahannya. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2), 257-266.

Shafa Yuniar Yasmin, Hafidz Jauhari, & Ahmad Rayhan. (2023). PEMANFAATAN ENERGI TERBAHARUKAN MELALUI AUTOMATIC SOLAR HIDROPONIC UNTUK MENGOPTIMALKAN AGRIVOLTAIC DI DESA PONTANG LEGON. Karunia: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 98–108. https://doi.org/10.58192/karunia.v2i1.596