Peran Peran Relawan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikososial Anak di Panti Asuhan Harapan Mulia Purwokerto
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kesejahteraan psikososial anak di panti asuhan merupakan isu penting yang memerlukan perhatian, terutama bagi mereka yang menghadapi berbagai kesulitan sosial dan emosional. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana relawan berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan psikososial anak – anak di Panti Asuhan Harapan Mulia Purwokerto. Sebanyak 38 relawan terlibat dalam interaksi langsung dengan 15 anak usia 4 hingga 16 tahun dengan menggunakan metode pendekatan pendidikan masyarakat. Kegiatan ini meliputi dukungan Emosional, pembelajaran kelas profesi dan cita – cita, kelas kreasi, diskusi kelompok, dan permainan edukatif. Hasil kegiatan menunjukkan bagaimana relawan dapat meningkatkan harga diri anak-anak, mengurangi rasa kesepian mereka, dan menginspirasi mereka untuk mencapai potensi penuh mereka. Anak – anak lebih terinspirasi untuk mencapai tujuan mereka dan merasa lebih diperhatikan. Dapat disimpulkan bahwa relawan memiliki peran penting dalam mempromosikan perkembangan emosional dan sosial anak-anak di panti asuhan dan mendukung kesejahteraan psikososial mereka.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abidin, A. M. (2018). Peran Pengasuh Panti Asuhan Membentuk Karakter Disiplin dalam Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Anak: Vol. XI. http://dx.doi.org/10.30863/an.v11i1.302
Arvianty, A., Kanine, K. E., Lolong, J., Studi, P., Keperawatan, I., Kedokteran, F., Sam, U., & Manado, R. (2014). PERBEDAAN PERUBAHAN ASPEK PSIKOSOSIAL PADA REMAJA JALANAN DAN REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN DI KOTA MANADO. https://doi.org/https://doi.org/10.35790/jkp.v2i2.5203
Azhizhah, N. (2019). PERAN ORANG TUA ASUH DALAM MENDIDIK KEPRIBADIAN ANAK DI PANTI ASUHAN AL AMIN DIPOSOEDARMO KOBER PURWOKERTO [INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO]. (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).https://r.search.yahoo.com/_ylt=Awr90Vn0cc5nx3cQcxtXNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzEEdnRpZAMEc2VjA3Ny/RV=2/RE=1742792437/RO=10/RU=https%3a%2f%2frepository.uinsaizu.ac.id%2f6528%2f/RK=2/RS=t38pnuK.OZZwfKv_7UBw4A50UFg-
Berk, L. E. . (2007). Development through the lifespan. Allyn and Bacon. https://neumannmarking.com/wp-content/uploads/2015/02/0205491251.pdf
Ibda, F. (2023). Dukungan Sosial: Sebagai Bantuan Menghadapi Stres dalam Kalangan Remaja Yatim di Panti Asuhan. 12(02), 153–172. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/ji.v12i2.21652
Ibda, F., Azniza Binti Ishak, N., Azrin, M., & Nasir, M. (2021). KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF (SUBJECTIVE WELL-BEING) DITINJAU DARI SOSIO-DEMOGRAFIS DI KALANGAN REMAJA YATIM YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN/PESANTREN YATIM. Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 7(2), 195–212. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v7i2
Kohariah, I. (2019). PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM MENGATASI MASALAH PSIKOSOSIAL ANAK YATIM (Studi Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Yatim Karya Fajar Desa Tambiluk Kec. Petir Kab. Serang) [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN]. http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3742
Melina, G. G., Grashinta, A., & Vinaya. (2012). RESILIENSI DAN ALTRUISME PADA RELAWAN BENCANA ALAM. Jurnal Psikologi Ulayat, 1, 17–24. https://doi.org/https://doi.org/10.24854/jpu1
Putra Pangestu, J. (2016). Hubungan Motivasi dan Kepuasan Relawan pada Organisasi Seni. TATA KELOLA SENI, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24821/jtks.v2i2.1821
Qamarina, N. (2017). PERANAN PANTI ASUHAN DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI PENGGANTI KELUARGA ANAK ASUH DI UPTD PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK HARAPAN KOTA SAMARINDA. 5(3), 6488–6501. http://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2017/08/eJournal%20%20Administrasi%20Negara%20a%20(08-18-17-03-35-43).pdf
Rosita, N. (2015). PERAN RELAWAN TERHADAP KEMANDIRIAN DIFABEL DI PLD UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. INKLUSI, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.14421/ijds.2201
Sardjan, U. R. W., & Firman. (2022). Harga Diri dan Kesejahteraan Psikososial Remaja di Panti Asuhan Kota Kendari. JURNAL KEPERAWATAN, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.46233/jk.v6i01.955
Tharir, A., & Ed, D. (2018). PSIKOLOGI PERKEMBANGAN. http://repository.radenintan.ac.id/11010/1/PSIKOLOGI%20PERKEMBANGAN.pdf
Tiara Fany Chintia Silitonga, Wulan Purnama Sari Simatupang, Loise Chisanta Ginting, Muhammad Aimar Zaidan, & Harrys Cristian Vieri. (2023). Peran Panti Asuhan Yayasan Rumah Bakti Kasih Anak Indonesia dalam Membentuk Karakter Anak Panti. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i1.1461
Yuniartiningsih, S. (2012). GAMBARAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA 3-6 TAHUN DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK BALITA TUNAS BANGSA CIPAYUNG [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/25663
Permensos No. 21 Tahun 2013. (2014). Database Peraturan | JDIH BPK. https://peraturan.bpk.go.id/Details/130386/permensos-no-21-tahun-2013