PENGENDALIAN CYBERBULLLYING DAN HOAX MELALUI PELATIHAN TERBIMBING DI SMK NEGERI 2 TEBING TINGGI

Isi Artikel Utama

Irving Josafat Alexander

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi yang pesat membawa dampak positif dan negatif dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu dampak negatif yang menjadi perhatian adalah maraknya cyberbullying dan penyebaran hoaks di kalangan pelajar. SMK Negeri 2 Tebing Tinggi sebagai institusi pendidikan memiliki peran penting dalam membekali siswa dengan literasi digital yang baik agar mereka dapat menggunakan teknologi secara bijak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelatihan terbimbing dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai bahaya cyberbullying dan hoaks serta strategi untuk mengendalikannya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara, dan evaluasi sebelum serta sesudah pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ini secara signifikan meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa dalam mengenali serta mencegah cyberbullying dan hoaks. Selain itu, pelatihan ini juga membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan etika digital. Dengan demikian, pelatihan terbimbing menjadi strategi yang efektif dalam membentuk budaya digital yang sehat di lingkungan sekolah.

Rincian Artikel

Bagian
Bagian Kebijakan

Referensi

Alexander, I. J., Sirait, G., Sibarani, I. S., & Sitorus, L. (2023). Edukasi Literasi Digital Dalam Menangkal Penyebaran Hoax Di Masyarakat. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), 1(4), 01-05.

Alexander, I. J., Sinurat, H., Nainggolan, J. R., & Sirait, G. (2024). Edukasi Permasalahan Hoaks dan Cyberbulling Pada Remaja Gereja Pentakosta Indonesia (GPI) Sidang Paya Kapar Kota Tebingtinggi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2379-2383.

Alexander, I. J., Sinurat, H., Sirait, G., Siahaan, M. M., Silaban, R., & Nainggolan, J. R. (2024). Edukasi Literasi Bahasa dan Teknologi pada Anak Usia Dini di Yayasan Aku Melihat Engkau (AME) Medan. JURNAL Comunità Servizio: Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan, 6(2), 425-430.

Gani, A. W., Asriadi, M., Angriawan, T., & Hasyim, M. Q. (2023). PKM PELATIHAN LITERASI MEDIA SOSIAL TENTANG HOAX DAN CYBERBULLYING DI MA DDI AL-IHSAN KANANG. PEDAMAS (PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 1(1), 108-116.

Pardede, L., Pardede, D. L., Sinurat, H., Alexander, I. J., Silalahi, D. P., & Surbakti, M. (2024). Pemberdaya Kesetaraan Gender Dalam Organisasi Intra Sekolah Di Sma Negeri 1 Medan. PKM Maju UDA, 5(3), 1-8.

Pardede, D. L., Pardede, L., Siahaan, M., Marpaung, R., Sihite, M. S. R., Nababan, M. F., ... & Pangaribuan, L. R. (2024). KEHIDUPAN SEHAT DAN SEJAHTERA: ANALISIS PERAN KESEHATAN MENTALDALAM PENINGKATAN PRODUKTIVITAS GENERASI Z. PKM Maju UDA, 5(3), 9-16.

Pardede, D. L., Pardede, L., Siahaan, M., Alexander, I. J., & Sirait, G. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KEDUDUKAN WARGA NEGARA. Jurnal Darma Agung, 32(6), 426-430.

Pasaribu, K. M., Pardede, L., Alexander, I. J., & Pardede, D. L. (2024). Pendekatan Pembelajaran Aktif Dengan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Darma Agung, 32(5), 350-357.

Silaban, R., Panggabean, F. T., Panggabean, M. V., Sianturi, P. A., & Alexander, I. J. (2021). Android Based Learning Media Development For Chemical Balance Materials. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 9(3), 121-131.

Siahaan, R. D. R., & Sirait, G. (2023). The importance of digital literacy in the era of society 5.0. Indo-MathEdu intellectuals journal, 4(3), 1734-1742.

Silaban, B., Surbakti, M. B., Silaban, I. J. A., & Purba, J. (2024). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik SMA Melalui Tes Diagnostik Four-Tier pada Hukum Newton. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 12(2), 260-274.

Sinaga, G. H. D., Halawa, A., Prasetyo, R. A., Silaban, I. J. A., & Sinaga, M. P. (2024). Coulomb Stress Changes in the 2004 Aceh Earthquake on the Mount Sibualbuali and Mount Lubukraya. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 10(2), 264-273.

Sinurat, H., Nainggolan, J. R., & Alexander, I. J. (2024). Peran Gereja Terhadap Pencegahan Perilaku Kekerasan Dalam Rumah Tangga: Sudut Pandang Teologis. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 9(2), 535-544.

Sirait, G., Tobing, P. U. A. L., & Djulia, E. (2021). Biology Teacher’s understanding of Nature of Science (NOS). Journal of Mathematics and Natural Sciences, 1(2), 35-39.

Sirait, G., Alexander, I. J., & Silaban, R. (2023). Analysis of the Utilization of Hydroponic Media in Welsh Onion Cultivation (Allium fistulosum L.). Al-Hayat: Journal of Biology and Applied Biology, 6(2), 147-157.

Sirait, G., Alexander, I. J., & Mahulae, S. H. R. (2023). Sosialisasi Penanaman Nilai-Nilai Luhur Pancasila Dalam Meningkatkan Karakter Siswa. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), 1(3), 104-108.

Sirait, G., Alexander, I. J., Soripada, T. A., & Sirait, S. (2024). Pelatihan Wirausaha Digital kepada Jemaat Gereja Pentakosta Indonesia Sidang Paya Kapar Tebingtinggi. JURNAL Comunità Servizio: Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan, 6(2), 397-403.

Sirait, G. (2025). Analysis of the quality of biobriquettes from salak skin with starch adhesive. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 9(2), 232-243.

Siregar, R. A., & Wijayati, A. (2023). Penyuluhan Atas Bahaya Penyebaran Berita Hoax Dikalangan Masyarakat Dan Sanksi Pidana. BONAFIDES: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1-7.