Analisis Integrasi Nilai Spiritual QS. Al -‘Alaq Ayat 1-5 Dalam Pembelajaran IPA di Era Society 5.0

Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian bertujuan menganalisis integrasi nilai spiritual QS Al-‘Alaq ayat 1–5 dalam pembelajaran IPA di era Society 5.0. Metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data angket, wawancara, dan dokumentasi serta analisis dengan Miles dan Huberman. Subjek 48 siswa dipilih secara purposif. Hasil menunjukkan siswa memahami QS. Al-‘Alaq 1-5 sebagai spiritual pembelajaran sains (80,7%), dengan (87,0%) menyadari peran sebagai khalifah. Antusiasme mengaitkan ayat Al-Qur’an dengan konsep IPA (86,5%), pemahaman tentang Society 5.0 terbatas (74,0%). Modul ajar menciptakan pembelajaran transformatif menggabungkan sains, teknologi, dan nilai religius. Hasil triangulatif teknik menunjukkan memiliki pemahaman baik QS. Al-Alaq (80,7%), kesadaran tinggi mempelajari sains (87,0%). Antusiasme integrasi Al-Qur’an dan IPA tinggi (86,5%), didukung pendekatan proyek. Pemahaman Society 5.0 perlu ditingkatkan. Sikap pembelajaran berkelanjutan dan religius sangat positif (88,5%), mayoritas siswa (85,4%) siap menerapkan sains berbasis Islam. Simpulan integrasi nilai QS. Al-‘Alaq dalam IPA memperkuat kesadaran siswa, menjadikan sains sebagai pendidikan yang berkelanjutan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fauzan, A. (2025). Analisis Integrasi Nilai Spiritual QS. Al -‘Alaq Ayat 1-5 Dalam Pembelajaran IPA di Era Society 5.0. Sinesia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 57–71. https://doi.org/10.69836/sinesia-jcs.v2i1.329
Bagian
Bagian Kebijakan

Referensi

Anjani, K. T., Rufaidah, AAmel, A. M., & Miterianifa, M. (2024). Perkembangan Society 5.0 Pada Pendidikan Ipa Di Indonesia. Jurnal Education and …, 12(1), 164–167.

Antoro, B. (2024). Analisis Penerapan Formula Slovin Dalam Penelitian Ilmiah: Kelebihan, Kelemahan, dan Kesalahan Dalam Perspektif Statistik. Jurnal Multidisiplin Sosial Humaniora, 1(2), 53–63.

Asdlori, A. (2023). Pendidikan Islam Sebagai Pilar Pembangunan Berkelanjutan: Peran Sistem Pendidikan Pesantren Dalam Implementasi SDGs. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 124. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2530.

Ayuni, P., Sujarwo, H. A., & Rambe, M. S. (2024). Dasar-Dasar Pendidikan Islam Dalam Surah Al-Alaq Ayat 1-5 Menurut Tafsir Al-Mishbah. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 37–45.

DiCicco-Bloom, B., & Crabtree, B. F. (2006). The Qualitative Research Interview. Medical Education, 40(4), 314–321. https://doi.org/10.1111/j.1365-2929.2006.02418.x

Ersi, E., Selatan, S., Zainuddin, Z., Selatan, S., Noviani, D., & Selatan, S. (2024). HARMONISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBANGUN. 08(01), 0–10. https://doi.org/10.32616/pgr.v8.1.486.21-31.

Haki, U., Prahastiwi, E. D., & Selatan, U. T. (2024). Strategi Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v3i1.67

Jumari, J., & Umam, K. (2022). Era Society 5.0: Suatu Tantangan Bagi Pendidikan Islam Kekinian. Journal of Islamic Education and Pesantren, 2(2), 155–170. https://doi.org/10.33752/jiep.v2i2.3790

Jusuf, R., Srinawati, R., & Abdullah, T. (2024). Al-Qur’an Literacy as an Effort of Character Strengthening in Science Learning in Elementary Schools. International Journal of Educational Narratives, 2(2), 199–213. https://doi.org/10.70177/ijen.v2i2.743

Miftahul Huda. (2022). Integrasi Al-Quran dan Sains Dalam Taksonomi Pendidikan untuk Mengenal Allah. Jurnal Qiroah, 12(1), 53–68. https://doi.org/10.33511/qiroah.v12n1.53-68

Muhtadi. (2020). Implementasi Al-Qur’an Surat Al-’Alaq Ayat 1-5 dalam Pembelajaran Sains dan Teknologi. Sumbula, 5(1), 175–196.

Nurfajriani, W. V., Ilhami Arivan, M. W., Mahendra, A., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2024). Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(September), 1–23.

Pratiwi, R. J., Imaniyah, S. A., Suryani, I., & Sriphol, A. (2024). Cendikia Cendikia. 2(3), 454–474.

Pratiwi, S. (2019). Social Studies Within Transdisciplinary Learning : Preparing Students Ability To Support Sustainability Living. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(2), 105–114. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i2.20862

Qomaruddin, & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting and Administration, 1(2), 77–84.

Sihombing, A. A., Ratnawati, H., Putranti, D., & Noviani, N. L. (2024). Technology-Based Education Transformation : Futuristic , Quality , Resilient , and Sustainable Education System in the Age. 7, 477–490.

Syamsudin, S. (2022). Semantic Study and Learning Implementation in Surah Al ‘Alaq. International Journal of English Learning and Applied Linguistics (IJELAL), 2(2), 147–163. https://doi.org/10.21111/ijelal.v2i2.7178.