Bercerita Adaptif sebagai Media Komunikasi bagi Anak Autis di TK Tunas Bhakti Semarang
Isi Artikel Utama
Abstrak
Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) sering menghadapi tantangan dalam berkomunikasi dan berinteraksi sosial. Kesulitan ini dapat memengaruhi perkembangan bahasa, kemampuan bersosialisasi, serta kepercayaan diri anak. Pendekatan storytelling adaptif hadir sebagai alternatif yang menjanjikan dalam mendukung komunikasi anak ASD melalui metode yang disesuaikan dengan kebutuhan individual mereka. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menguji efektivitas pendekatan tersebut dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan bercerita anak-anak ASD di TK Tunas Bhakti. Program ini melibatkan tiga anak usia 6–7 tahun dan dilakukan dalam empat sesi storytelling dengan media yang bervariasi, seperti buah asli, video animasi, dan boneka tangan. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara pra dan pasca kegiatan, serta dokumentasi proses. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada beberapa indikator: frekuensi inisiatif berbicara meningkat dari sangat jarang (0–1 kali/minggu) menjadi terjadi setiap hari; respons anak menjadi lebih relevan dan tepat waktu; serta kemampuan mengingat cerita berkembang dari narasi terputus-putus menjadi runtut dan lebih terstruktur. Anak juga menunjukkan peningkatan intonasi ekspresif, keterlibatan sosial dengan teman sebaya, dan rasa percaya diri saat berbicara. Pendekatan storytelling adaptif yang disesuaikan dengan kebutuhan sensori dan emosional anak terbukti efektif dalam meningkatkan komunikasi mereka. Temuan ini memperkuat potensi storytelling adaptif sebagai strategi edukatif dan psikososial dalam pendidikan inklusif anak usia dini. Implementasi mendatang diharapkan mencakup lebih banyak peserta dan durasi intervensi yang lebih panjang agar dampaknya lebih luas.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ardhiyanti, P. (2017). Metode Bercerita Bermedia Pop-Up Book Terhadap Kemampuan kmunikasi anak autis pada sekolah anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–18. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/25154
Azkiya, N. R., & Iswinarti. (2016). Pengaruh Mendengarkan Dongeng terhadap Kemampuan Bahasa pada Anak Prasekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jipt.v4i2.3515
Bamicha, V., & Drigas, A. (2022). ToM & ASD: The interconnection of Theory of Mind with the social-emotional, cognitive development of children with Autism Spectrum Disorder. The use of ICTs as an alternative form of intervention in ASD. Technium Social Sciences Journal, 33, 42–72. https://doi.org/10.47577/tssj.v33i1.6845
Christin, M., Obadyah, A. barlian, & Ali, D. S. F. (2021). Transmedia Storytelling. Syiah Kuala University Press. unsyiahpress.id
Cohn, E. G., & Harrison, M. J. (2025). From principle to practice: Creating neurodiversity-affirming learning environments for students with echolalia. Research in Autism, 126, 202628. https://doi.org/10.1016/j.reia.2025.202628
Creswell John and Creswell David. (2023). Research Design, Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. In SAGE Publications,Inc.: Vol. Sixth Edit (Issue 1). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Diaudin, S. H., Kamrozzaman, N. A., & Jie, A. L. X. (2024). The Effectiveness of Using Multisensory Learning Style toward the Improvement of Preschool Student’s Fine Motor Skills. Open Journal of Social Sciences, 12(11), 418–429. https://doi.org/10.4236/jss.2024.1211030
Esplendori, G. F., Kobayashi, R. M., & Püschel, V. A. de A. (2022). Multisensory integration approach, cognitive domains, meaningful learning: reflections for undergraduate nursing education. Revista Da Escola de Enfermagem Da USP, 56. https://doi.org/10.1590/1980-220x-reeusp-2021-0381
Fadilla, C., & Yulsyofriend, Y. (2023). Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan terhadap Keterampilan Berbicara Anak. Journal of Education Research, 3(4), 192–198. https://doi.org/10.37985/jer.v3i4.107
Fu, I.-N., Chen, K.-L., Liu, M.-R., Jiang, D.-R., Hsieh, C.-L., & Lee, S.-C. (2023). A systematic review of measures of theory of mind for children. Developmental Review, 67, 101061. https://doi.org/10.1016/j.dr.2022.101061
Gauvain, M. (2020). Vygotsky’s Sociocultural Theory. In Encyclopedia of Infant and Early Childhood Development (pp. 446–454). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-809324-5.23569-4
Hodges, H., Fealko, C., & Soares, N. (2020). Autism spectrum disorder: definition, epidemiology, causes, and clinical evaluation. Translational Pediatrics, 9(S1), S55–S65. https://doi.org/10.21037/tp.2019.09.09
Homdijah, O. S., Heryati, E., Ehan, & Annisi, M. P. (2023). Distance Learning for Children with Autism Spectrum Disorders. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 12(2), 367–375. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v12i2.45794
Karani, N. F., Sher, J., & Mophosho, M. (2022). The influence of screen time on children’s language development: A scoping review. South African Journal of Communication Disorders, 69(1). https://doi.org/10.4102/sajcd.v69i1.825
Maureen, I. Y., van der Meij, H., & de Jong, T. (2022). Evaluating storytelling activities for early literacy development. International Journal of Early Years Education, 30(4), 679–696. https://doi.org/10.1080/09669760.2021.1933917
McLeod, S. (2025). Vygotsky’s Theory of Cognitive Development. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.15680745
Rika, Amal, A., & Herman. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Bercerita Dengan Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Di Taman Kanak-Kanak Permata Bunda Desa Barangpalie Kecamatan Lanrisang Kabupaten Pinrang. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 1–21.
Storch, N. (2018). Written corrective feedback from sociocultural theoretical perspectives: A research agenda. Language Teaching, 51(2), 262–277. https://doi.org/10.1017/S0261444818000034
Sudarto, S., Rahmawati, S., & Choiriyah, C. (2023). Teacher’s Role in Developing Communication and Social-Emotional Skills of Children with Autism Spectrum Disorder. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 4(2), 177–192. https://doi.org/10.35719/gns.v4i2.122
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Yuliana, F. (2021). Pengaruh Metode Bercerita dengan Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21268/