Keterlibatan Mahkamah Konstitusi Dalam Fraus Legis Pasca Putusan Inkonstitusional Undang-Undang Cipta Kerja
Isi Artikel Utama
Abstrak
Putusan MK No. 91/PUU-XVIII/2020 memberi kepastian hukum akan keberlakuan UU Cipta Kerja dengan putusan inkonstitusional bersyarat selama dua tahun, yang artinya dalam jangka waktu dua tahun, para pembuat undang-undang harus melakukan perbaikan terhadap UU Cipta Kerja dan jika tidak maka ia akan secara otomatis tidak berlaku. Dengan menggunakan metode yuridis-normatif. Penelitian ini mengkaji berbagai produk hukum yang lahir pasca Putusan MK No. 91/PUU-XVIII/2020 serta fraus legis di dalam upaya tindak lanjut tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa baik UU No. 13 Tahun 2022 maupun UU No. 6 Tahun 2023 yang merupakan tindak lanjut dari Putusan MK No. 91/PUU-XVIII/2020, keduanya masih jauh dari harapan rakyat Indonesia, selain UU No. 13 Tahun 2022 yang lahir dengan proses fast track legislation, UU No. 6 Tahun 2023 yang merupakan perubahan kedua atas UU Cipta Kerja justru lahir berdasarkan hak prerogatif Presiden yang memungkinkan tidak terpenuhinya meaningful participation yang sebelumnya menjadi masalah.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Constitutional Court Decision No. 91/PUU-XVIII/2020 provides legal certainty for the enforceability of the Job Creation Law with a conditional unconstitutional ruling for two years, which means that within two years, lawmakers must make improvements to the Job Creation Law and otherwise it will automatically not apply. By using juridical-normative methods. This study examines various legal products born after the Constitutional Court Decision No. 91/PUU-XVIII/2020 and the alleged fraus legis in the follow-up effort. The results of this study show that both Law No. 13 of 2022 and Law No. 6 of 2023 which are a follow-up to Constitutional Court Decision No. 91/PUU-XVIII/2020, both are still far from the expectations of the Indonesian people, in addition to Law No. 13 of 2022 which was born with a fast track legislation process, Law No. 6 of 2023 which is the second amendment to the Job Creation Law was actually born based on the prerogative of the President which allows for the non-fulfillment of meaningful participation was previously a problem.