Pengadaan Denah Kampus untuk Meningkatkan Kemudahan Navigasi dan Efisiensi Layanan Universitas Sunan Giri Surabaya
Isi Artikel Utama
Abstrak
Efisiensi layanan merupakan aspek penting yang mendukung keberhasilan operasional, terutama di tengah keterbatasan sumber daya dan meningkatnya permintaan. Optimalisasi penggunaan sumber daya diperlukan agar kinerja layanan tetap optimal dan berkualitas. Teknologi memegang peran vital dalam meningkatkan efisiensi, memungkinkan organisasi untuk menjaga kualitas layanan meskipun dengan keterbatasan yang ada. Universitas Sunan Giri Surabaya, sebagai institusi pendidikan tinggi, berusaha meningkatkan efisiensi pelayanan dengan mengadakan denah kampus. Program ini bertujuan memudahkan mahasiswa baru dan pengunjung dalam menemukan lokasi di lingkungan kampus secara lebih cepat dan tepat. Melalui metode Participatory Action Research (PAR), program ini melibatkan partisipasi aktif dari civitas akademika untuk menciptakan solusi navigasi yang efisien. Papan denah yang dipasang di titik strategis kampus diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengguna, mengurangi kebingungan, serta mendukung kegiatan akademik dan administratif yang lebih efektif. Inisiatif ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan kampus secara keseluruhan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Angelina, S. F., M. Yahdillah, R. Mardikaningsih, S. N. Halizah, D. Darmawan, M. C. Rizky, & R. Hardyansah. (2023). Kontribusi Mahasiswa KKN Universitas Sunan Giri Surabaya Terhadap UMKM Ayam Panggang Rakyat Mbah Romlah Dusun Bulang Desa Kloposepuluh. Indonesia Bergerak: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat, 1(4), 09–16.
Carpman, J. R., & M. A. Grant. (2001). Design that Cares: Planning Health Facilities for Patients and Visitors. Jossey-Bass Publishers, San Fransisco.
Darmawan, D., A. H. R. Fuady, R. Mardikaningsih, & E. Retnowati. (2022). Tiga Pilar Sukses: Perilaku Kewirausahaan, Etika Bisnis, dan Modal Sosial Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 3(5), 185–192.
Darmawan, D., E. Retnowati, S. N. Halizah, F. Issalillah, R. K. Khayru, R. Hardyansah, & A. R. Putra. (2023). Studi Tentang Pengaruh Keunggulan Kompetitif dan Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Perusahaan. Journal of Management and Economics Research, 1(3), 77–85.
Halizah, S. N., U. Chasanah, R. Mardikaningsih, & D. Darmawan. (2024). Strategi Peningkatan Kinerja Bisnis Kuliner melalui Optimalisasi Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan. At-Tasyri’: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 3(01), 85–100.
Helvacıoğlu & Olguntürk. (2010). Colour and Wayfinding. Department of Interior Architecture and Environmental Design, Ankara, Turkey.
Kidd, S. A., & M. J. Kral. (2005). Practicing Participatory Action Research. Journal of Counseling Psychology, 52(2), 187-195.
Lestari, U. P. & E. A. Sinambela. (2022). Keputusan Tempat Pembelian berdasarkan Kualitas Layanan, Suasana Toko, dan Persepsi Harga. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 5(2), 87–97.
Masfufah, N.A., H. I. Maulana, D. Murniati, R. Mardikaningsih, N. U. A. Machfud, H. Haniyah, D. Darmawan, & R. Hardyansah. (2024). Kegiatan Membersihkan Masjid Tanbihul Ghofilin Di Desa Plumbungan Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, Economic Xenization Abdi Masyarakat, 2(1), 27-34.
Mardikaningsih, R., E. I. Azizah, N. N. Putri, M. N. Alfan, & M. M. D. H. Rudiansyah. (2022). Business Survival: Competence of Micro, Small, and Medium Enterprises. Small and Medium Enterprises. Journal of Social Science Studies, 2(1), 1–4.
Mardikaningsih et al. (2024). Hubungan Masyarakat, LPPM Universitas Sunan Giri Surabaya.
Masnawati, E. & D. Darmawan. (2023). Pengaruh Lokasi, Akreditasi dan Biaya Kuliah terhadap Niat Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya. Journal on Education, 6(1), 1326–1336.
Olis, S. O., A. Mulyana, S. Yulianita, S. P. Zahro, & S. Saepudin. (2023). Pembuatan Papan Penunjuk Arah Kedusunan dan Kampung di Desa Tamanjaya - Sukabumi. Jurnal Abdi Nusa, 3(2), 62–68.
Retnowati, E. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Konsumen pada CV. Wujud Unggul Surabaya. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 10(1), 1–7.
Retnowati, E., Darmawan, D., Putra, A. R., Putra, R. S., & Issalillah, F. (2023). Pengaruh Modal Psikologis, Kualitas Kehidupan Kerja, dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Baruna Horizon, 6(1), 31-38.
Sinambela, E. A., E. Retnowati, E. Ernawati, U. P. Lestari, & M. Munir. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Retensi Pelanggan Bengkel Resmi Honda Surabaya. Jurnal Baruna Horizon, 5(1), 17–25.
Sullivan, M., R. Bhuyan, K. Senturia, S. Shiu-Thornton, & S. Ciske. (2005). Participatory Action Research in Practice: A Case Study in Addressing Domestic Violence in Nine Cultural Communities. Journal of Interpersonal Violence, 20(8), 977-995.
Talluri, S., M. K. Kim, & T. Schoenherr. (2012). The Relationship between Operating Efficiency and Service Quality: Are They Compatible?. International Journal of Production Research, 51(8), 2548-2567.
Thamsi, A.B., F. N. Yusuf, M. I. Juradi, H. Harwan, S. Bakri, & M. Aswadi. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Alat Navigasi Untuk Pembuatan Peta bagi Siswa SMK Negeri Kehutanan Makassar. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 136-142.
Torfiah, L., J. M. Al-firdaus, C. T. I. Dzinnur, B. Triono, M. S. Anwar, D. Darmawan, & F. Ryadin. (2023). Pemasangan Petunjuk Arah Menuju Lapangan Sports Center Desa Kloposepuluh oleh Mahasiswa KKN Universitas Sunan Giri Surabaya. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 248–253.
Whyte, W.F. (1989). Advancing Scientific Knowledge through Participatory Action Research. Sociological Forum, 4, 367–385.