Dampak Pameran Interaktif Microbial-Art dalam Memperkenalkan Mikrobiologi Dasar kepada Masyarakat di Jawa Barat, Indonesia
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pemahaman masyarakat umum terhadap mikroorganisme masih minim karena akses pembelajaran yang terbatas dan stigmanya yang negatif. Salah satu cara untuk menyampaikan edukasi mikroorganisme agar lebih mudah disampaikan kepada masyarakat umum adalah melalui pameran interaktif sebagai bentuk kolaborasi antara mikrobiologi dan seni. Namun, pameran interaktif ini masih terbatas di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana dampak pameran interaktif microbial art terhadap pemahaman mikroorganisme dasar serta potensi keberlanjutannya di masyarakat. Analisis penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif menggunakan metode analisis tematik berdasarkan testimoni pengunjung terhadap dua pameran (exhibition) yang diselenggarakan oleh Microartmunity, yaitu komunitas yang bergerak di bidang seni dan mikrobiologi. Secara keseluruhan, terdapat 92 partisipan dari berbagai latar belakang pendidikan yang memberikan testimoni. Hasil testimoni tersebut kemudian dikategorikan menjadi kreativitas, edukasi, penerimaan, dan harapan. Berdasarkan hasil testimoni pengunjung, sebanyak 32% pengunjung berharap adanya keberlanjutan dari pameran interaktif Microbial Art, baik berupa pameran, kegiatan workshop, eksistensi komunitas Microartmunity, maupun kolaborasi bersama stakeholders. Pameran ini juga mendapatkan penerimaan yang baik dari masyarakat dengan persentase 26%. Hal ini menunjukkan bahwa seni dapat menjadi cara yang menarik dalam menyampaikan informasi ilmiah. Antusiasme pengunjung juga mengindikasikan adanya minat yang tinggi terhadap pameran dengan konsep fusion art-science. Dengan demikian, pameran interaktif Microbial Art ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai sarana edukasi di masa depan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Azagra-Caro, J. M., & Pavone, V. (2024). The effect of scientific impact on science communication through art from the lens of deviance theories. Journal of Science Communication, 23(6). https://doi.org/10.22323/2.23060202
Braund, M., & Reiss, M. J. (2019). The ‘Great Divide’: How the Arts Contribute to Science and Science Education. Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education, 19(3), 219–236. https://doi.org/10.1007/s42330-019-00057-7
Carter, N., Bryant-Lukosius, D., Dicenso, A., Blythe, J., & Neville, A. J. (2014). The use of triangulation in qualitative research. In Oncology Nursing Forum, 41(5), 545–547. https://doi.org/10.1188/14.ONF.545-547
Febriandiela, F., & Fitrisia, A. (2023). Implementasi Thematic Analysis Melalui Langkah Coding Dalam Penelitian Kualitatif Pada Ilmu Sosial. FisiPublik: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 8(1), 1–10.
Frankel, E., Temple, J., Dikener, E., & Berkmen, M. (2023). Bridging the gap with bacterial art. FEMS Microbiology Letters, 370, 1–10. https://doi.org/10.1093/femsle/fnad025
Hunter, P. (2016). The communications gap between scientists and public. EMBO Reports, 17(11), 1513–1515. https://doi.org/10.15252/embr.201643379
Kyomugisha, A. (2024). Exploring the Collaborations Between Arts and Science in Research Initiatives. IDOSR JOURNAL OF COMMUNICATION AND ENGLISH, 9(3), 27–32. https://doi.org/10.59298/IDOSR/JCE/93.2732.202400
Levy, S. (2024). Showing and doing: Art & Science collaborations for Environmental sustainability. Nature-Based Solutions, 6, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.nbsj.2024.100135
Maguire, M., & Delahunt, B. (2017). Doing a Thematic Analysis: A Practical, Step-by-Step Guide for Learning and Teaching Scholars. AISHE-J, 8(3), 3351–33514.
Microartmunity. (2024). Microartmunity. https://microartmunity.wixsite.com/microbialart
Naeem, M., Ozuem, W., Howell, K., & Ranfagni, S. (2023). A Step-by-Step Process of Thematic Analysis to Develop a Conceptual Model in Qualitative Research. International Journal of Qualitative Methods, 22, 1–18. https://doi.org/10.1177/16094069231205789
Nasir, N. M., Baequni, B., & Nurmansyah, M. I. (2020). Misinformation Related To Covid-19 In Indonesia. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 8(2), 51. https://doi.org/10.20473/jaki.v8i2.2020.51-59
Nindita, A. (2024). Indonesia International Microorganism Day 2024 in ITB: Future of Microbes. https://itb.ac.id/news/indonesia-international-microorganism-day-2024-in-itb-future-of-microbes/61396
Rahmawati, R., Sapto, A., Widiadi, A. N., & Utami, I. W. P. (2024). Eksplorasi Tata Pamer Museum Edukasi Universitas Negeri Malang. Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah Dan Pendidikan, 8(1), 129–144. https://doi.org/10.29408/fhs.v8i1.25199
Rodríguez, Y., Andrés, L., Batista-García, & Alberto, R. (2025). When Science Meets Creativity: Elevating Microbiology Education With Art—Two Personal Experiences. Microbial Biotechnology, 18(3), 1–7. https://doi.org/10.1111/1751-7915.70099
Romizal, A., Sunmedar, D., Malihah, E., Andriani, R., Studi, P., Pariwisata, M., & Pascasarjana, S. (2023). Exhibition as a media space for learning development for children in Bandung. Jambura Journal of Educational Management, 4(2), 326–334.
Rosin, M. S., Storksdieck, M., O’Connell, K., Keys, B., Hoke, K., & Lewenstein, B. V. (2023). Broadening participation in science through arts-facilitated experiences at a cultural festival. PLoS ONE, 18(5 May). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0284432
Sortiraparis, C. de. (2022). Microbial worlds – the exhibition to scrutinize at the Musée du Quai Branly, our pictures. https://www.sortiraparis.com/en/what-to-visit-in-paris/exhibit-museum/articles/276758-microbial-worlds-the-exhibition-to-scrutinize-at-the-musee-du-quai-branly-our-pictures
Špernjak, A., Jug Puhmeister, A., & Šorgo, A. (2023). Public opinions and knowledge about microorganisms. Research In Science And Technological Education, 41(2), 800–818. Https://Doi.Org/10.1080/02635143.2021.1952407
Sulaiman, S., Nordini, W., & Wi, H. (2022). Microbial Art: An Integration Of Art And Microorganisms. In Arte: Art & Expression, 11–16. Uitm Publisher.
Taroreh, B. (2021). Analisis Tematik Data Kualitatif Pada Pengembangan Perangkat Pembelajaran Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR). SNFKIP 2021: Pendidikan Bagi Masyarakat Di Daerah 3T, 167–176. https://doi.org/https://doi.org/10.24071/snfkip.2021.13
Timmis, K., Cavicchioli, R., Garcia, J. L., Nogales, B., Chavarría, M., Stein, L., McGenity, T. J., Webster, N., Singh, B. K., Handelsman, J., de Lorenzo, V., Pruzzo, C., Timmis, J., Martín, J. L. R., Verstraete, W., Jetten, M., Danchin, A., Huang, W., Gilbert, J., … Harper, L. (2019). The urgent need for microbiology literacy in society. Environmental Microbiology, 21(5), 1513–1528. https://doi.org/10.1111/1462-2920.14611
Timmis, K., & Hallsworth, J. E. (2024). This is the Age of Microbial Technology: Crucial roles of learned societies and academies. Microbial Biotechnology, 17(5), 1–8. https://doi.org/10.1111/1751-7915.14450
Widyanti, T., & R, S. N. (2024). Building Historical And Cultural Awareness Through Social Studies Learning Based On Cultural Exhibition Projects. Journal Civics And Social Studies, 8(1), 121–130. https://doi.org/10.31980/journalcss.v8i1.1515
Zheng, S., Bromage, A., Adam, M., & Scrivener, S. A. (2007). Surprising creativity: A cognitive framework for interactive exhibits designed for children. C&C ’07: Proceedings of the 6th ACM SIGCHI Ccnference on Creativity and Cognition, 17–26. https://doi.org/10.1145/1254960.1254964
Zhu, L., & Goyal, Y. (2019). Art and science: Intersections of art and science through time and paths forward. EMBO Reports, 20, 1–6. https://doi.org/10.15252/embr.201847061