Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra Classroom untuk Meningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Tunarungu

Isi Artikel Utama

Nilam Arum Setyaningsih
Sugiman Sugiman

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematika siswa tuna rungu terutama dalam memahami konsep geometri secara mendalam. Literasi matematika sangat penting untuk membekali siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual, namun penyandang tuna rungu menghadapi tantangan dalam komunikasi dan representasi simbolik. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran inovatif yang dapat mendukung kebutuhannya, salah satunya adalah Problem Based Learning (PBL) berbantuan GeoGebra Classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model PBL berbantuan GeoGebra Classroom dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa tuna rungu dan mendeskripsikan peningkatannya. Metode yang digunakan adalah metode campuran dengan desain Single Subject Research (SSR) A-B-A dan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah lima siswa tuna rungu kelas X SLBN Semarang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbantuan GeoGebra Classroom efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika kognitif pada semua mata pelajaran dengan peningkatan skor sebesar 24; 11; 24; 23,5; dan 26 poin. Aspek afektif menunjukkan peningkatan pada rasa ingin tahu, ketelitian, tanggung jawab, pantang menyerah, semangat belajar, percaya diri, dan minat belajar. Aspek psikomotorik juga mengalami perkembangan terutama pada kemampuan menggunakan alat bantu dan menyelesaikan tugas mandiri. Respon subjek terhadap pembelajaran sangat positif dengan persentase masing-masing 90,90%; 95,45%; 86,36%; 97,72%; dan 88,63%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Setyaningsih, N. A., & Sugiman, S. (2025). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra Classroom untuk Meningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Tunarungu. Hayati : Jurnal Pendidikan, 1(1), 94–106. https://doi.org/10.69836/hayati.v1i1.412
Bagian
Artikel

Referensi

Afrianti, M. N., & Marlina, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Probing-Prompting bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jurnal Basicedu, 5(1), 272–279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.653

Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Konsektual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Tema “Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui Implementasi Pembelajaran Abad 21", 2011, 34–42.

Ananda, B. F., & Sugiman, S. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Melalui Pembelajaran Flipped Clasroom Berbantuan Website Mathnesia pada Siswa SLB Tunarungu. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 229–235. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

Azhar, A. A., Prabowo, B., Nasir, M., Anisyah Hasibuan, Y., & Taufiq Azhari, M. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 2(2), 127–132. https://doi.org/10.58432/algebra.v2i2.397

Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

Caron, J., & Markusen, J. R. (2016). Pengenalan Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra Materi Kesebangunan pada Siswa SMPIT Widya Cendekia Kota Serang. 1–23.

Damayanti, R., Handayanti, T., & Sofyan, F. A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Kelas V di SLB-B Negeri Pembina Palembang. Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keguruan, 2(1), 17–28. https://doi.org/10.23971/muallimun.v2i1.4190

Dwi Rahma Putri, R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, H., Nathalia Husna, E., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 449–459. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.64

Ejin, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(1), 66. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p66-72

Hasmawati, H., Usman, U., & Ahsan. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENJUMLAH BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR LUAS DAERAH DI KELAS VII MTs.N 1 ENREKANG. Journal of Mathematics Learning Innovation (Jmli), 1(1), 17–32. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i1.3259

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140

Kho, R., & Tyas, D. K. N. (2020). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Matematika bagi Guru-guru SD YPK Yoka Baru Waena Kota Jayapura. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2), 97–100. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1072

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16. https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-

Mawardi, M. (2018). Designing the Implementation of Model and Instructional Media. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 26–40. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40

Nasution, A. F. (2017). Jurnal EduTech Vol. 3 No. 1 Maret 2017. 3(1), 1–11.

Pradipta, R. F., & Lesmana, L. (2021). Analisis Penyebab Kesulitan Anak Tunarungu Dalam Menyusun Kalimat Sederhana. Journal Orthopedagogik, 2(5), 36–44.

Riadin, A., Misyanto, M., & Usop, D. S. (2017). Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) Di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1), 22–27. https://doi.org/10.33084/anterior.v17i1.17

Rosyidi, M. I. (2018). Peranan Logika Matematika Dalam Kehidupan Sehari- hari. 1, 28–32.

Siregar & Restati. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Tumanggor, S., Siahaan, P. A., Aruan, J. S., Sitorus, W. W., Manik, I. S., Simare-mare, Y., & Widyastuti, M. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Sekolah Luar Biasa ( SLB ) Dalam Menggunakan Media. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1), 25–32.