The Implikasi dan Strategi Teori Elastisitas Permintaan dalam Ekonomi Manajerial
Isi Artikel Utama
Abstrak
Artikel ini akan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan, metode pengukurannya, serta implikasi dan strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan berdasarkan konsep ini. Faktor utama yang memengaruhi elastisitas permintaan di antaranya adalah ketersediaan barang substitusi, proporsi pendapatan yang dihabiskan untuk barang tersebut, serta jangka waktu yang diberikan untuk merespons perubahan harga. Semakin banyak alternatif yang tersedia bagi konsumen, semakin elastis permintaan suatu barang. Pemahaman mendalam tentang elastisitas permintaan memungkinkan perusahaan membuat keputusan harga lebih cerdas. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi elastisitas dan menganalisis kondisi pasar, perusahaan dapat memaksimalkan pendapatan dan pangsa pasar. Analisis elastisitas ini membantu mengidentifikasi segmen pasar yang responsif terhadap perubahan harga untuk mengembangkan strategi pemasaran efektif. Selain harga, kualitas produk, citra merek, dan layanan pelanggan juga mempengaruhi permintaan. Mengintegrasikan faktor ini dalam keputusan harga membantu perusahaan tetap kompetitif dan adaptif
Rincian Artikel
Referensi
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Ali, N. N. (2022). Teori Elastisitas Permintaan dan Penawaran. OSF. https://doi.org/10.31219/osf.io/tkp9z
Amanah, D. (2010). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Majestyk Bakery & Cake Shop Cabang H.M. Yamin Medan. Jurnal Keuangan & Bisnis, 2, 71–87. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/HNGVJ
Andreyeva, T., Long, M. W., & Brownell, K. D. (2010). The Impact of Food Prices on Consumption: A Systematic Review of Research on the Price Elasticity of Demand for Food. American Journal of Public Health, 100(2), 216–222. https://doi.org/10.2105/AJPH.2008.151415
Anjani, N. K. G., Soerdato, T., & Syah, M. A. (2023). Persepsi Petani Terhadap Elastisitas Permintaan Bunga Potong Krisan. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5661
Battiti, R., Brunato, M., & Battiti. (2023). Pragmatic Estimation of the Elasticity of Demand in Hospitality From Noisy Reservations. Transactions on Machine Learning and Artificial Intelligence, 11(3). https://doi.org/10.14738/tecs.113.14739
Bakır, D., & Aktas, M. S. (2022). A Systematic Literature Review of Question Answering: Research Trends, Datasets, Methods. In Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics): Vol. 13377 LNCS (Issue July 2022). https://doi.org/10.1007/978-3-031-10536-4_4
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.
Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56
Heriswanto, H., & Membaka, R. A. K. (2022). ANALISIS ELASTISITAS PERMINTAAN PRODUK TEMPE DI KELURAHAN SENDANG MULYASARI KECAMATAN TONGAUNA KABUPATEN KONAWE. Jurnal GeoEkonomi, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v13i1.174
Kravchyk, Y. (2022). Justification of the Marketing Strategy of the Business Plan of the Enterprise. Scientific Bulletin of the National Academy of Statistics, Accounting and Audit, 3–4, Article 3–4. https://doi.org/10.31767/nasoa.3-4-2022.07
Li, Y., Shao, M., Sun, L., Wang, X., & Song, S. (2023). Research on Demand Price Elasticity Based on Expressway ETC Data: A Case Study of Shanghai, China. Sustainability, 15(5), 4379. https://doi.org/10.3390/su15054379
Mahyuddin, nFN, & Zain, M. M. (2010). Elastisitas Permintaan Tenaga Kerja Dan Kekakuan Upah Riil Sektoral Di Sulawesi Selatan. Jurnal Agro Ekonomi, 28(2), 113–132. https://doi.org/10.21082/jae.v28n2.2010.113-132
Maulana, A., Fahriansah, & Safarida, N. (2021). Analisis Tingkat Elastisitas Permintaan dan Penawaran Ayam Potong Di Pasar Kota Langsa. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 173–198. https://doi.org/10.32505/jim.v3i2.3482
Miftahuddin, L. (2020). ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN CABAI RAWIT MERAH (Capsicum frutescens L.) TINGKAT RUMAH TANGGA DI KABUPATEN SEMARANG [Other, Program Studi : S1 Agribisnis Departemen pertanian]. http://eprints.undip.ac.id/80391/
Nurjaman, A., Astuti, S. R. D., Mubarock, W. F., Mukhtar, R. H., & Aviandika, V. (2022). Analysis of Literature Psychology in the Soekram Trilogy Novel By Sapardi Djoko Damono. Jhss (Journal of Humanities and Social Studies), 6(3), 271–275. https://doi.org/10.33751/jhss.v6i3.6383
Pillai, A. A., & Kaushal, U. (2020). Research methodology-An introduction to literary studies. Central Asian Journal of Literature, Philosophy and Culture, 1(1), 1–11. www.cajlpc.centralasianstudies.org/index.php/CAJLPC