Implementasi Lembar Kerja Siswa Etnomatematika di Pura Ngadas: Pembelajaran Geometri Interaktif
Isi Artikel Utama
Abstrak
Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang abstrak dan sulit dipahami oleh siswa. Pemahaman mengenai geometri khususnya, memerlukan keterampilan visualisasi yang masih menjadi tantangan bagi banyak siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi geometri melalui pendekatan etnomatematika menggunakan Pura Ngadas sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini mengimplementasikan lembar kerja siswa (LKS) berbasis etnomatematika di Pura Ngadas, Malang, Jawa Timur. LKS ini berfokus pada geometri, khususnya bangun datar, dengan melibatkan kelas 4 hingga 6 SD N 1 Ngadas dalam pembelajaran interaktif. Kegiatan ini dilakukan dalam program volunteer Sisi Indonesia (SINESIA) di Ngadas pada 15-21 Desember 2024. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, di mana jawaban siswa dianalisis berdasarkan ketepatan, kesalahan konsep, atau pemahaman yang kurang lengkap dalam mengerjakan LKS. Metode pengumpulan data meliputi tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu mengidentifikasi bangun datar namun mengalami kesulitan dalam visualisasi spasial dan mengenali bangun ruang. Selain itu, meskipun beberapa siswa sudah dapat menentukan luas dan keliling bangun datar, sebagian lainnya masih mengalami kesulitan dalam pengukuran dan perhitungan. Penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan etnomatematika efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa melalui aplikasi nyata
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Amila, A., Abdurrahman, A., Suyatna, A., Distrik, I. W., & Herlina, K. (2018). Practicality and Effectiveness of Student’ Worksheets Based on Ethno science to Improve Conceptual Understanding in Rigid Body. International Journal of Advanced Engineering, Management and Science, 4(5), 400–407. https://doi.org/10.22161/ijaems.4.5.11
Aristika, A. (2023). Analysis Learning Strategies on Contemporary Advanced Mathematical Thinking. International Conference on Science, Education, and Technology, 9, 915–920.
Astuti, D., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi konstruktivisme untuk siswa SMK kompetensi keahlian teknik komputer dan jaringan. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpms.v5i1.13482
Astuti, N., Jana, P., & Marsiyam, M. (2022). Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(02), 180–194. https://doi.org/10.22437/edumatica.v12i02.15814
Chivai, C. H., Soares, A. A., & Catarino, P. (2022). Application of GeoGebra in the Teaching of Descriptive Geometry: Sections of Solids. Mathematics, 10(17), 1–15. https://doi.org/10.3390/math10173034
Dahlan, J. A., & Permatasari, R. (2018). Development of Instructional Materials Based on Ethnomathematic in Mathematics Learning in Junior High School. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 133. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.987
Fauzi, L. M., Hanum, F., Jailani, J., & Jatmiko, J. (2022). Ethnomathematics: Mathematical ideas and educational values on the architecture of Sasak traditional residence. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 250–259. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21775
Husna, N., Saminan, & Abidin, Z. (2021). Development of student worksheets on ethnomathematics-based trigonometry through Project-Based Learning models. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012071
Jayadi, K., Abduh, A., & Basri, M. (2022). A meta-analysis of multicultural education paradigm in Indonesia. Heliyon, 8(1). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e08828
Kambani, D. P., & Supriadi. (2025). Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Melalui Permainan Dakon Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Materi Perkalian Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 09(01), 249–261. https://doi.org/10.31004/cendekia.v9i1.3814
Klemer, A., & Vaknin-Nusbaum, V. (2024). The Relationships Between Linguistic Literacy and Geometric Thinking in 2nd-Graders. Journal of Research in Childhood Education, 38(3), 352–372. https://doi.org/10.1080/02568543.2023.2263527
Kristiyanti, M. (2023). METODE PENELITIAN (D. Abimanto (ed.); 1st ed.). CV. Pustaka STIMART AMNI Semarang.
Kusno, & Setyaningsih, E. (2021). The Geometric Literacy Skills of Prospective Teachers in the 4.0 Era. Journal of Physics: Conference Series, 1778(1), 0–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012029
Maryati, M., & Indra Prahmana, R. C. (2018). Ethnomathematics: Exploring the Activities of Designing Kebaya Kartini. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 11–19. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a2
Mirnawati, M., Karjiyati, V., & Dalifa, D. (2020). Pengaruh Model RME Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN Gugus 05 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 52–60. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/juridikdasunib/article/view/11897
Murtadlo, A., Muslimahayati, M., Sahanata, M., & Ramli, M. N. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Melalui Soal Hots Konteks Etnomatematika Budaya Jambi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 3172. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7053
Niar, A. R., Chasanah, K., & Hikmah, P. N. (2022). Berpikir Kreatif Matematis dan Karakter Rasa Ingin Tahu Berbantuan Geogebra. ProSandika: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 4(1).
Nurniyati, T., Djafar, S., S, P., & Nurdin. (2024). Meta Analisis Pendekatan Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 08(November), 1981–1992. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i3.3526
Riyanto, E., Wibowo, T., & Purwoko, R. Y. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Sekolah Dasar Berbasis Etnomatematika Dengan Setting Candi Borobudur. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.37729/jipm.v2i1.1012
Rosiyanti, H., Eminita, V., & Riski, R. (2020). Desain Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Powtoon. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 77–86. https://dx.doi.org/10.24853/fbc.6.1.77-86.
Safitri, A. H. I., Novaldin, I. D., & Supiarmo, M. G. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Bangunan Tradisional Uma Lengge. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3311–3321. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.851
Sari, H. A., Susanto, & Yudianto, E. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri Bangun Ruang Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2441–2450. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5568
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Serepinah, M., & Nurhasanah, N. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 148–157. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157
Sudihartinih, E., Novita, G., & Rachmatin, D. (2021). Desain Media Pembelajaran Matematika Topik Luas Daerah Segitiga Menggunakan Aplikasi Scratch. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1390–1398. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.643
Supriyadi, S., Astuti, N., Utami Ningtias, I. W., & Izzatika, A. (2021). The Use of Student Worksheets Based on a Science Approach in Internalizing the Attitudes and Character of Elementary School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(2), 152. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i2.2323
Yulia, P., & Santoso, G. (2022). Praktikalitas dan Efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 202–212. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4506
Žakelj, A., & Klančar, A. (2022). The Role of Visual Representations in Geometry Learning Amalija. European Journal of Educational Research, 11(3), 1393–1411. https://doi.org/10.12973/eu-jer.11.3.1393