Mengenal Guru Profesional: Karakteristik, Kompetensi, dan Peran dalam Dunia Pendidikan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep guru profesional dalam dunia pendidikan, dengan fokus pada karakteristik, kompetensi, dan peran strategisnya. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Analisis dilakukan terhadap regulasi nasional, pendapat para ahli pendidikan, dan temuan-temuan penelitian sebelumnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru profesional dituntut tidak hanya menguasai materi ajar, tetapi juga memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Guru profesional juga mampu menerapkan strategi pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada peserta didik. Dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI), guru berperan penting dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter melalui pendekatan yang holistik. Studi ini menegaskan bahwa penguatan profesionalisme guru merupakan faktor kunci dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas dan berkelanjutan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Daud, A. (2020). Strategi Guru Mengajar Di Era Milenial. Al-Mutaharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 1, 29–42.
Gunawan Anggun., dkk. (2023). Guru Profesional: Makna dan Karakteristik. Cendikia Inovatif Dan Berbudaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humainora, 1.
Kunandar. (2011). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres.
Kurnia, I. , R. (2023). Analisis Empat Standar Kompetensi Guru di Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2, 65–74.
Moh. Sofiyudin. (2021). Karakter Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI. Conference Series, 1, 177.
Mulyasa, A. (2013). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munawir, D. (2023). Memahami Karakteristik Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 386–388.
Sadat, A., & Penulis, N. (2011). KOMPETENSI GURU DALAM KONTEKS KEPROFESIAN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 02(1).
Suyanto, M. , & D. H. (2010). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualitifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga.
Syarifah Widya Ulfa, Ade Suryani Nasution, Ardina Khoirunnisa Hasibuan, Azzahra Natasya, Budiman Budiman, Khairul Azmi, & Masriyanti Nasution. (2024). Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(4), 24–38. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i4.1128
Ulfa. (2024). Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Yudistira, 27–28.
Wijaya. (2023). Peran Guru Profesional untuk Meningkatkan Standar Kompetensi Pendidikan. Jurnal Mutidisiplin Indonesia, 1223.