Program Intervensi Dini Bersumberdaya Keluarga dalam Meningkatkan Aspek Bina Wicara Anak Tunarungu
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program intervensi dini bersumberdaya keluarga dalam meningkatkan aspek bina wicara pada anak tunarungu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari anak tunarungu usia dini beserta keluarganya yang terlibat aktif dalam program intervensi di SLB Negeri Cicendo Kota Bandung. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi profil subjek dan profil keluarga, serta dokumentasi pelaksanaan program. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen asesmen perkembangan bahasa-komunikasi anak, instrumen sikap penerimaan orang tua dari Kubler Ross, instrumen kualitas keluarga berdasarkan Family Quality of Life (FQoL), serta catatan hasil implementasi dan evaluasi program intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan aktif keluarga dalam kegiatan seperti latihan oral motor, pernapasan, dan artikulasi memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan bina wicara anak. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan bina wicara subjek yang meningkat, meskipun masih dibutuhkan dukungan berkelanjutan dari keluarga. Implikasi penelitian ini mengarah pada pentingnya keterlibatan aktif keluarga dalam proses intervensi untuk optimalisasi perkembangan anak.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Balcells-Balcells, A., Giné, C., Guàrdia-Olmos, J., Summers, J. A., & Mas, J. M. (2019). Impact of supports and partnership on family quality of life. Research in Developmental Disabilities, 85(November 2017), 50–60. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2018.10.006
Dharma, D. S. A. (2023). Membaca Peran Teori Ekologi Bronfenbrenner dalam Menciptakan Lingkungan Inklusif di Sekolah. SPECIAL Special and Inclusive Education Journal, 3(2), 115–123. https://doi.org/10.36456/special.vol3.no2.a6642
Hannigan, L. J., Askeland, R. B., Ask, H., Tesli, M., Corfield, E., Ayorech, Z., Magnus, P., Njolstad, P. R., Oyen, A. S., Stoltenberg, C., Andreassen, O. A., Ronald, A., Smith, G. D., Reichborn-Kjennerud, T., & Havdahl, A. (2023). Developmental milestones in early childhood and genetic liability to neurodevelopmental disorders. Psychological Medicine, 53(5), 1750–1758. https://doi.org/10.1017/S0033291721003330
Hasan, A. A. B., Sulasminah, D. D., Djoni, & Rosydi. (2023). Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Bina Bicara Murid Tunarungu Di SLBN 1 Gowa. Phinisi Journal of Education, 1–15.
Ikhwanisfa, Marettih, A. K. E., Susanti, R., & Zahira, G. R. (2024). Peran Dukungan Keluarga dan Kebersyukuran Terhadap Kualitas Hidup Keluarga pada Orang Tua dengan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 13–20.
Nabawi, M. (2023). Penerapan Scaffolding Pada Zone of Proximal Development (Zpd) Dalam Mata Pelajaran Sejarah Di Sma Negeri 2 Malang Kelas Xii Mipa 4. Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, 3(11), 3. https://doi.org/10.17977/um068.v3.i11.2023.3
Qomariah, D. N., Kuswandi, A. A., Saripatunnisa, Y., Noviana, I. P., & Enurmanah, E. (2022). Keterlibatan Orang Tua Dalam Program Pendidikan Anak Usia Dini. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 6(2), 31–44.
Qomaruddin, & Sa’diyah, H. (2024). Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif : Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. Journal of Management, Accounting and Administration, 1(2), 77–84.
Rahmah, F. N. (2018). Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya. Quality, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744
Rahmi, Rusdayanti, S., & Ramdani, R. (2024). Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Membedakan Bunyi Vokal dalam Bahasa Inggris Melalui Flash Card. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(4), 231–240.
Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427
Smythe, T., Zuurmond, M., Tann, C. J., Gladstone, M., & Kuper, H. (2021). Early intervention for children with developmental disabilities in low and middle-income countries - The case for action. International Health, 13(3), 222–231. https://doi.org/10.1093/inthealth/ihaa044
Syamsudin, Dzulfikar, A. Z., Andiani, L., Ariyanti, N. D., Hikmah, I., & Widodo, A. (2018). Anatomi Suara: Kajian Fisika Medis. Airlangga University Press.
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236