Utilization of Social Media Marketing for MSMEs in Serang City

Main Article Content

Vera Maria
Ahmad Fauzan Hidayatullah
Ussy Emmelly Devy Tunning Putri
Nadia Nurul Mursidah
Levina Putri Ramdhany
Rana Sabilah
Fakhriza Aqsyal Syauqi

Abstract

Social media has a big role in today's society, including in developing MSME marketing. The purpose of this research is to find out how many MSMEs in Serang City use digital platforms as a marketing strategy. Researchers used a qualitative descriptive literature study approach, by analyzing existing literature. The research findings show that Facebook, Instagram, YouTube, WhatsApp Business, and TikTok are the most popular social media platforms. The majority of MSMEs use social media because it can increase brand awareness more easily and affordably, provide feedback on products and marketing initiatives, and create networks with suppliers, competitors and customers.

Article Details

Section
Section Policy
Author Biographies

Vera Maria, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Ahmad Fauzan Hidayatullah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Ussy Emmelly Devy Tunning Putri , Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Nadia Nurul Mursidah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Levina Putri Ramdhany , Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Rana Sabilah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Fakhriza Aqsyal Syauqi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

References

Achmad, Zainal Abidin, Thareq Zendo Azhari, WildanNaufalEsfandiar, NafilaNuryaningrum, Anisah Farah DhilahSyifana, and Indah Cahyaningrum. “Pemanfaatan Media SosialDalamPemasaranProdukUmkm Di KelurahanSidokumpul, Kabupaten Gresik.” JurnalIlmuKomunikasi 10, no. 1 (April 2020): 18–31.

Aditya, Robby, and R. YuniardiRusdianto. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM.” Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia 2, no. 2 (June 21, 2023): 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386.

Agnesia, Vionna, and Agung Joni Saputra. “Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Financial Technology Dan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Kota Dumai.” E-Jurnal Akuntansi 32, no. 3 (March 26, 2022): 750. https://doi.org/10.24843/EJA.2022.v32.i03.p15.

Akhmad, Khabib Alia. “Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Distro Di Kota Surakarta)” 9, no. 1 (September 2015): 43–54.

Annur, Cindy Mutia. “10 Aplikasi Media Sosial Yang Paling Banyak Dipakai Pengguna Internet Di Indonesia (Januari 2024).” Databoks.Katadata.Co.Id, March 1, 2024.

———. “Kriteria UMKM Berdasarkan Hasil Penjualannya (PeraturanPemerintah No. 7/2021).” Databoks.Katadata.Co.Id, May 19, 2023.

Arianto, Bambang, and HerrySofyan. “Peran Media SosialBagiPenguatanBisnis UMKM Di Kota Serang Banten.” JurnalRisetBisnis Dan ManajemenTirtayasa (JRBMT) 6, no. 2 (2022): 130–45.

Istanti, Enny, and Ruchan Sanusi. “Pemanfaatan Media SosialBagiPengembanganUmkm Di DesaKedungrejo, KecamatanJabon, Sidoarjo.” JurnalKomunikasiProfesional 4, no. 2 (December 2020): 176–87.

Natania, AbigaelTesalonika, and RennyDwijayanti. “Pemanfaatan Platform Digital SebagaiSaranaPemasaranBagi UMKM.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 12, no. 1 (2024).

Priambada, Swasta. “ManfaatPenggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (UKM).” Seminar NasionalSistemInformasi Indonesia. Malang, November 2, 2015.

Purwidiantoro, Moch Hari, Dany FajarKristanto S. W., and WidiyantoHadi. “PengaruhPenggunaan Media SosialTerhadapPengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).” Jurnal EKA CIDA 1, no. 1 (March 1, 2016): 30–39.

Ruslan, Rosady. MetodePenelitian Public Relations Dan Komunikasi. 5th ed. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Syaharani, Mela. “10 Provinsi Dengan Tingkat Penetrasi Internet Tertinggi Di Indonesia Tahun 2023.” Data.Goodstats.Id, March 16, 2023.

Veranita, Mira, Lukmanulhakim Almamalik, and Sugiyanto Ikhsan. “Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Oleh UMKM Di Era Pandemi (Studi Kasus Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Kabupaten Bandung).” JurnalIlmiahManajemen XIII, no. 1 (March 2022).

Wuisan, Nova. “Keuntungan Dan Kelemahan Pemasaran Dengan Menggunakan Digital Marketing.” JTANZILCO.COM, December 20, 2019.