Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Kota Serang

Isi Artikel Utama

Vera Maria
Ahmad Fauzan Hidayatullah
Ussy Emmelly Devy Tunning Putri
Nadia Nurul Mursidah
Levina Putri Ramdhany
Rana Sabilah
Fakhriza Aqsyal Syauqi

Abstrak

Media social memiliki peran yang besar dalam masyarakat saat ini, termasuk dalam mengembangkan pemasaran UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak UMKM di Kota Serang yang menggunakan platform digital sebagai strategi pemasaran. Peneliti menggunakan pendekatan studi literatur deskriptif kualitatif, dengan menganalisis literatur yang ada. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Facebook, Instagram, YouTube, WhatsApp Business, dan TikTok adalah platform media sosial yang paling populer. Mayoritas UMKM menggunakan media social karena dapat meningkatkan
kesadaran merek dengan lebih mudah dan terjangkau, memberikan masukan tentang produk dan inisiatif pemasaran, serta menciptakan jaringan dengan pemasok, pesaing, dan pelanggan.

Rincian Artikel

Bagian
Bagian Kebijakan
Biografi Penulis

Vera Maria, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Ahmad Fauzan Hidayatullah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Ussy Emmelly Devy Tunning Putri , Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Nadia Nurul Mursidah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Levina Putri Ramdhany , Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Rana Sabilah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Fakhriza Aqsyal Syauqi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Sultan Ageng Tirtayasa

Referensi

Achmad, Zainal Abidin, Thareq Zendo Azhari, WildanNaufalEsfandiar, NafilaNuryaningrum, Anisah Farah DhilahSyifana, and Indah Cahyaningrum. “Pemanfaatan Media SosialDalamPemasaranProdukUmkm Di KelurahanSidokumpul, Kabupaten Gresik.” JurnalIlmuKomunikasi 10, no. 1 (April 2020): 18–31.

Aditya, Robby, and R. YuniardiRusdianto. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM.” Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia 2, no. 2 (June 21, 2023): 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386.

Agnesia, Vionna, and Agung Joni Saputra. “Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Financial Technology Dan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Kota Dumai.” E-Jurnal Akuntansi 32, no. 3 (March 26, 2022): 750. https://doi.org/10.24843/EJA.2022.v32.i03.p15.

Akhmad, Khabib Alia. “Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Distro Di Kota Surakarta)” 9, no. 1 (September 2015): 43–54.

Annur, Cindy Mutia. “10 Aplikasi Media Sosial Yang Paling Banyak Dipakai Pengguna Internet Di Indonesia (Januari 2024).” Databoks.Katadata.Co.Id, March 1, 2024.

———. “Kriteria UMKM Berdasarkan Hasil Penjualannya (PeraturanPemerintah No. 7/2021).” Databoks.Katadata.Co.Id, May 19, 2023.

Arianto, Bambang, and HerrySofyan. “Peran Media SosialBagiPenguatanBisnis UMKM Di Kota Serang Banten.” JurnalRisetBisnis Dan ManajemenTirtayasa (JRBMT) 6, no. 2 (2022): 130–45.

Istanti, Enny, and Ruchan Sanusi. “Pemanfaatan Media SosialBagiPengembanganUmkm Di DesaKedungrejo, KecamatanJabon, Sidoarjo.” JurnalKomunikasiProfesional 4, no. 2 (December 2020): 176–87.

Natania, AbigaelTesalonika, and RennyDwijayanti. “Pemanfaatan Platform Digital SebagaiSaranaPemasaranBagi UMKM.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 12, no. 1 (2024).

Priambada, Swasta. “ManfaatPenggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menengah (UKM).” Seminar NasionalSistemInformasi Indonesia. Malang, November 2, 2015.

Purwidiantoro, Moch Hari, Dany FajarKristanto S. W., and WidiyantoHadi. “PengaruhPenggunaan Media SosialTerhadapPengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).” Jurnal EKA CIDA 1, no. 1 (March 1, 2016): 30–39.

Ruslan, Rosady. MetodePenelitian Public Relations Dan Komunikasi. 5th ed. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Syaharani, Mela. “10 Provinsi Dengan Tingkat Penetrasi Internet Tertinggi Di Indonesia Tahun 2023.” Data.Goodstats.Id, March 16, 2023.

Veranita, Mira, Lukmanulhakim Almamalik, and Sugiyanto Ikhsan. “Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial Oleh UMKM Di Era Pandemi (Studi Kasus Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Kabupaten Bandung).” JurnalIlmiahManajemen XIII, no. 1 (March 2022).

Wuisan, Nova. “Keuntungan Dan Kelemahan Pemasaran Dengan Menggunakan Digital Marketing.” JTANZILCO.COM, December 20, 2019.