Dynamics of Islamic Pesantren: Digital Marketing Strategy Model on the Existence of Santripreneur Roles Dinamika Pesantren: Model Strategi Digital Marketing Pada Eksistensi Peran Santripreneur
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pesantren saat ini tidak hanya berperan sebagai Lembaga Pendidikan agama Islam, akan tetapi berperan dalam aspek tatanan kehidupan masyarakat. Masyarakat juga menjadi tanggung jawab dari pesantren. Ketika moral telah tertanam pada jiwa santri yang diajarkan pada Pendidikan pesantren, maka aspek dampak juga tertuju pada tanggung jawab pesantren dalam kehidupan Masyarakat, yang membuat tatanan agar seimbang antara kebutuhan duniawi dan akhirat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi peran dari santri dalam menjawab tantangan dunia digital, khusunya pada aspek pemasaran digital yang menjadi salah satu pendapatan dari santri dengan model strategi pesantren. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan upaya pesantren dalam membentuk santripreneur yang melaksanak kegiatan digital marketing yang berjiwa pesantren. Jiwa pesantren merupakan identitas dari santri yang tetap melaksanakan nilai-nilai pesantren hal ini menunjukkan dinamika pesantren yang signifikan pada eksistensi santri yang mampu untuk menjalan aspek bisnis digital khususnya dalam pemasaran. Strategi pemasaran santri mengoptimalkan kompetensi digital yang dimiliki santri yang melekat pada pesantren hanya pada optimalisasi konten marketing di social media dan e commerce
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Abdullah, B. (2014). Metode Penelitian Ekonomi Islam: Muamalah. Pustaka Setia.
Abidin, Z. (2020). Educational Management of Pesantren in Digital Era 4.0. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), Article 2. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.172-07
Afriyanti, L., & Junaidi, K. (2022). Pendampingan Pengenalan Literasi Digital untuk Pengembangan Santripreneur Sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren: Digital Literacy Accompanied For Santripreneur Development As Creative Economic Activator At Islamic Boarding School. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 495–500.
Akhyar, Y. (2024). Implimentasi Digital Marketing Pada Program Ppdb (Peneriman Peserta Didik Baru) Di Pondok Pesantren Al-Kifayah Riau. At-Tajir: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 1(2), Article 2.
Albanjari, F. R. (2022). Strategi Pemasaran Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan ( Studi Pada Ud. Sari Murni / Jenang Tradisional Lasimun Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung ) Sharia Marketing Strategy In An Effort To Increase Sales. Iqtisadie: Journal of Islamic Banking and Shariah Economy, 2(2).
Ambo Masse, R., Aderus, A., & Achruh, A. (2024). Social entrepreneurship model in cash waqf: An evidence from Kurir Langit and Dompet Dhuafa. Cogent Arts & Humanities, 11(1), 2418727. https://doi.org/10.1080/23311983.2024.2418727
Aziz, A., & Santoso, G. (2023). Keadilan dalam Etika Bisnis Sebagai Pertimbangan Bisnis, Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i3.1374
Digital Marketing Menang Telak Ketimbang Pemasaran Konvensional | tempo.co. (2022, February 19). Tempo. https://www.tempo.co/ekonomi/digital-marketing-menang-telak-ketimbang-pemasaran-konvensional-424404
G. Amstrong, P. K. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlanga.
Handoko, B. S. dan H. (n.d.). Manajemen Pemasaran:Analisa Perilaku Konsumen.
Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (n.d.). Digital Marketing: A Framework. Review and Research.
May Shinta Retnowat. (2025). Development of a Sustainable Economic Empowerment Model Through Islamic Micro Finance: Evidence of Intellectual Treasure of Pesantren in Indonesia. AL-IKTISAB: Journal of Islamic Economic Law, 9(1).
May Shinta Retnowati. (2024). Critical Analysis of Islamic Digital Marketing as Business Strategy: Study at the Cianjur Grilled Fish Restaurant. At-Tasyri’: Jurnal Hukum Islam Dan Ekonomi Syariah, 5(2).
Rahmawati, R., Supriyadi, S., Fatmawati, L., W, H. L., Hadi, T., Isnubroto, D., Santosa, S., Joko, K., & S, S. W. (2024). Peningkatan Kompetensi Kewirausahaan Bisnis Online Pada Siswa Smk 2 Salatiga. Jurnal Hilirisasi Technology Kepada Masyarakat (SITECHMAS), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.32497/sitechmas.v5i1.5015
Sa’dullah Assa’idi. (2021). The Growth of Pesantren in Indonesia as the Islamic Venue and Social Class Status of Santri. Eurasian Journal of Educational Research, 2021(93). https://ejer.com.tr/the-growth-of-pesantren-in-indonesia-as-the-islamic-venue-and-social-class-status-of-santri/
Saputra, D. E., & Sirozi, M. (2025). Strategi Penguatan Daya Saing Pesantren Di Era Digital. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), Article 01. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.20618
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif.
Suryana. (2016). Kewirausahaan.
Syahputra, A., Ismaulina, I., Khairina, K., Zulfikar, Z., & Rofizar, H. (2022). Pendekatan Ekonomi Syariah Bagi Pemberdayaan Ekonomi Pesantren. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v4i1.10823
Zamakhsyari Dhofier. (1980). The Pesantren Tradition [Australian National University]. http://archive.org/details/zamakhsyari-dhofier-the-pesantren-tradision-1980-anu-ph-d-thesis