Rancang Bangun “Dolan Yuk” sebagai Discovery and Investation Platform untuk Pengembangan Pariwisata Kediri Berkelanjutan

Isi Artikel Utama

Prahoro Yudo Purwono
Fikky Ardiansyah

Abstrak

Citra publik Kediri yang masih belum maksimal berdampak pada sepinya jumlah pengunjung wisata pada sektor-sektor tertentu. Selain itu, pengelolaan dan pemasaran yang kurang baik disertai dengan penyerapan investor yang kurang juga menjadi permasalahan yang cukup kompleks. Ditambah lagi di beberapa sektor wisata, Kediri masih memiliki banyak sekali kekurangan, mulai dari kurang maksimalnya pemanfaatan potensi pariwisata yang ada, hingga fluktuasi jumlah pengunjung yang berakibat pada menurunnya pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dari potensi-potensi tersebut, maka sangat penting disusun sebuah strategi pengembangan pariwisata berkelanjutan yang tepat disertai pemasaran yang bagus, efektif dan efisien menjadi media promosi untuk peningkatan citra publik Kediri di kancah lokal maupun nasional. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pengembangan “Dolan Yuk“ sebagai platform untuk pemasaran, promosi wisata sekaligus sebagai sarana untuk berinvestasi bagi masyarakat luas di bidang pariwisata. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif berbasis pendekatan ADDIE. Hasil penelitian didapati bahwa pengembangan “Dolan Yuk“ sendiri merupakan salah satu cara dari strategi stabilitas untuk mengembangkan potensi pariwisata Kediri yang jauh lebih baik lagi, yaitu dengan menyerap banyak investor maupun visitor dengan berbagai menu yang ditawarkan secara daring. Strategi ini diharapkan dapat berdampak dalam pelestarian kebudayaan lokal sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pariwisata.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Purwono, P. Y., & Ardiansyah, F. (2024). Rancang Bangun “Dolan Yuk” sebagai Discovery and Investation Platform untuk Pengembangan Pariwisata Kediri Berkelanjutan. Benefits : Jurnal Ekonomi Dan Pariwisata Internasional, 1(2), 92–113. https://doi.org/10.69836/benefits-jeti.v1i2.54
Bagian
Bagian Kebijakan

Referensi

Abidatul Izzah, A. Nugroho, B., F. Mahmudy, W., & A. Bachtiar, F. (2020). Optimasi Asymmetric City Tour Di Kota Kediri Menggunakan Ant Colony System. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 9(1). Https://Doi.Org/10.22146/Jnteti.V9i1.112

Ambarwati, D., & Murdiyanto, E. (2021). Optimalisasi Peran Umkm Dan Pokdarwis Pada Wisata Sumber Banteng Dengan Media Digital Marketing Dan Marketplace. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). Https://Doi.Org/10.55506/Arch.V1i1.7

Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Yulianingsih, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku Umkm Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1). Https://Doi.Org/10.17977/Um041v16i1p12-20

Ansyorie, M. M. Al, Ichwanto, M. A., Ariestadi, D., Winarno, A., Yudhistira, C. I., & Novianti, N. (2024). Pengembangan Wisata Kampung Heritage Kelurahan Pakelan Melalui Video Dan Peta Potensi Untuk Meningkatkan Branding Wisata. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1). Https://Doi.Org/10.17977/Um063v4i1p29-37

Azzahrani, M. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Kementerian Pariwisata Indonesia Dalam Pesona Indonesia Melalui Youtube Marketing Communication Strategy Ministry Of Tourism Indonesia In Pesona Indonesia On Youtube Platform. Jurnal Manajemen Komunikasi, 2(2).

Badan Pusat Statistik. (2020). Persentase Penduduk Miskin September 2020 Naik Menjadi 10,19 Persen. Https://Www.Bps.Go.Id/Pressrelease/2021/02/15/1851/Persentase-Penduduk-Miskin-September-2020-Naik-Menjadi-10-19-Persen.Html

Ballina, F. J. (2022). Smart Business: The Element Of Delay In The Future Of Smart Tourism. Journal Of Tourism Futures, 8(1). Https://Doi.Org/10.1108/Jtf-02-2020-0018

Bima, M. A. R. S., Yasin, F. N., Mahsunah, E., Kurniati, R. F., Pratama, M. T., Fadhil, A., Rikza, U. F., Masruroh, S., Aliyah, S. A., & Damayanti, F. A. (2024). Peranan Mahasiswa Dalam Membentuk Desa Wisata Gisik Cemandi Sebagai Destinasi Pariwisata Di Kecamatan Sedati, Sidoarjo. Nusantara Community Empowerment Review, 2(1). Https://Doi.Org/10.55732/Ncer.V2i1.1141

Dahliah, D., Kurniawan, A., & Putra, A. H. P. K. (2020). Analysis And Strategy Of Economic Development Policy For Smes In Indonesia. Journal Of Asian Finance, Economics And Business, 7(5). Https://Doi.Org/10.13106/Jafeb.2020.Vol7.No5.103

Dwinanda, G., & Nur, Y. (2020). Bauran Pemasaran 7p Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar. Jurnal Mirai Managemnt, 6(1).

Emi Salmah, Titi Yuniarti, & Tuti Handayani. (2021). Analisis Pengembangan Agrowisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Journal Of Economics And Business, 7(1). Https://Doi.Org/10.29303/Ekonobis.V7i1.66

Fathoni, K. (2016). Aplikasi Panduan Tempat Wisata Di Kediri Memanfaatkan Teknologi Augmented Reality Berbasis Mobile. E-Narodroid, 2(2). Https://Doi.Org/10.31090/Narodroid.V2i2.208

Fatmawatie, N. (2022). Critical Success Factors Analysis Towards Development Of Shariah Tourism Regency Kediri. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 19(2). Https://Doi.Org/10.30762/Realita.V19i2.3634

Hawkes, M. (2012). Instructional Design And Evaluation. In Encyclopedia Of Evaluation Encyclopedia Of Evaluation. Https://Doi.Org/10.4135/9781412950596.N278

Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi Umkm. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan Ix,” 9(1).

Irmayansyah, M. (2019). Fuzzy Inference System Tsukamoto Untuk Optimalisasi Jumlah Media Promosi Brosur Di Sekolah Menengah Kejuruan. Teknois : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 6(2). Https://Doi.Org/10.36350/Jbs.V6i2.37

Kasmaji, S., Nala Damajanti, M., & Muljosumarto, C. (2020). Perancangan Digital Branding Produk Fashion Batik Calist. Dkv Adiwarna, 1(16).

Kemenparekraf Ri. (2021). Virtual Tour, Alternatif Berwisata Di Tengah Pandemi Covid-19. Kemenpar.Go.Id.

Khotimah, K., & Wilopo, W. (2017). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Budaya (Studi Kasus Pada Kawasan Situs Trowulan Sebagai Pariwisata Budaya Unggulan Di Kabupaten Mojokerto). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 41(1).

Khusniyah. (2020). Implementasi Model Pentahelix Sebagai Landasan Pengembangan Potensi Pariwisata Di Kabupaten Kediri. Prosiding Seminar Nasional Kahuripan.

Kristiyaningrum, D. C. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Untuk Peningkatan Jumlah Pengunjung Di Wisata Koptan Ori Green Sendang Tulungagung. Benefit, 6(1).

Larasati, N. K. R., & Rahmawati, D. (2017). Strategi Pengembangan Pariwisata Budaya Yang Berkelanjutan Pada Kampung Lawas Maspati, Surabaya. Jurnal Teknik Its, 6(2). Https://Doi.Org/10.12962/J23373539.V6i2.25024

Leawaty, & Sulistiadi, W. (2018). Hubungan Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Dengan Loyalitas Pelanggan : Systematic Review. Jurnal Administrasi Rumah Sakit, 5.

Lotto, L. S., Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1986). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook Of New Methods. Educational Evaluation And Policy Analysis, 8(3). Https://Doi.Org/10.2307/1163741

Mahmudi, H. (2018). Remodeling Bisnis Remodeling Bisnis Pt Sasakura Indonesia Dengan Menggunakan Business Model Canvas (Bmc). Jrmsi - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2). Https://Doi.Org/10.21009/Jrmsi.009.2.10

Maulida, R., Choir, S. S., & Putri, N. A. (2024). Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Promosi Pariwisata Banyuwangi Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Nawawi, M. (2021). Optimalisasi Sektor Pariwisata Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keislaman, Kemasyarakatan Dan Kebudayaan, 22(1).

Purdi, H., & Amri Dunan. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Pada Pariwisata Sumatera Barat Melalui Aplikasi Sumbar Hub. Jurnal Spektrum Komunikasi, 11(3). Https://Doi.Org/10.37826/Spektrum.V11i3.506

Rijal, S., Nasri, N., Ardiansyah, T., & A, C. (2020). Potensi Pengembangan Ekowisata Rumbia Kabupaten Jeneponto. Jurnal Hutan Dan Masyarakat, 12(1). Https://Doi.Org/10.24259/Jhm.V12i1.6031

Sahat Tua Manalu, D., & Shafa Maura, S. (2022). Pendirian Unit Bisnis Baru Tomatoes Cheese Milk Di Cv Soebi Agrikultura Indonesia Kabupaten Bandung Barat. Mahatani: Jurnal Agribisnis (Agribusiness And Agricultural Economics Journal), 4(2). Https://Doi.Org/10.52434/Mja.V4i2.1442

Salmah, E., Sahri, S., & Astuti, E. (2020). Analisis Penentuan Pusat Pertumbuhan Baru Di Kabupaten Lombok Barat. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 2(1). Https://Doi.Org/10.29303/E-Jep.V2i1.21

Sari, A. M. (2016). Implikasi Pariwisata Bencana (Disaster Tourism) Terhadap Kapasitas Masyarakat Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri Dalam Menghadapi Bencana. Universitas Muhammadiyah Surakarta, I.

Syalis Ibnih Melati Istini, & Kautharnadhif, R. P. (2022). Aplikasi Informasi Pariwisata Museum Di Taman Mini Indonesia Indah Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(03). Https://Doi.Org/10.56127/Jukim.V1i03.200

Syukran, M. Z. (2019). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Pariwisata Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Dan Ahawl As Syahsiyah, 4(2).

Ulum, S., & Dewi, S. A. (2021). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata Gamplong. Jurnal Manajemen Publik & Kebijakan Publik (Jmpkp), 3(1). Https://Doi.Org/10.36085/Jmpkp.V3i1.1408

Wangge, R. (2023). Layanan Promosi Pariwisata Kabupaten Ende Berbasis Web. Hoaq (High Education Of Organization Archive Quality) : Jurnal Teknologi Informasi, 13(1). Https://Doi.Org/10.52972/Hoaq.Vol13no1.P49-54

Wulur, H. W., Sentinuwo, S., & Sugiarso, B. (2015). Aplikasi Virtual Tour Tempat Wisata Alam Di Sulawesi Utara. Jurnal Teknik Informatika, 6(1). Https://Doi.Org/10.35793/Jti.6.1.2015.9953

Yulia Fatma, Regiolina Hayami, Arif Budiman, & Yoze Rizki. (2019). Rancang Bangun Virtual Tour Reality Sebagai Media Promosi Pariwisata Di Propinsi Riau. Jurnal Fasilkom, 9(3). Https://Doi.Org/10.37859/Jf.V9i3.1666