Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V

Isi Artikel Utama

Intan Permata Sari
Octariana Hidayatus Sholikah
Sri Endah Wahyuningtyas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar dan meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada siswa kelas V dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbasis audiovisual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, sementara analisis data didasarkan pada hasil siklus selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL berbasis audiovisual secara signifikan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memiliki rata-rata 2,7 (kategori cukup baik), dan meningkat menjadi 3,8 (kategori baik) pada siklus II. Aktivitas guru juga menunjukkan peningkatan dari rata-rata 2,5 (kategori cukup) pada siklus I menjadi 3,7 (kategori baik) pada siklus II. Selain itu, hasil belajar IPAS siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan. Pada pra tindakan, ketuntasan klasikal siswa hanya mencapai 51% dengan nilai rata-rata 66. Pada siklus I, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 65% dengan nilai rata-rata 75, dan pada siklus II mencapai 95% dengan nilai rata-rata 90. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PBL berbasis audiovisual efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V.

Rincian Artikel

Bagian
Bagian Kebijakan
Biografi Penulis

Octariana Hidayatus Sholikah, Universitas PGRI Madiun

Universitas PGRI Madiun

Sri Endah Wahyuningtyas, Universitas PGRI Madiun

Universitas PGRI Madiun

Referensi

Andreani, D., & Gunansyah, G. (2022). Persepsi Guru Sekolah Dasar tentang Mata Pelajaran IPAS pada Kurikulum Merseka. JPGSD, 11(9), 1841–1854.

Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Aksar, 05(01), 39–46. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index

Erwin, W. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Ar-Ruzz Media.

Handayani, A., & Koweswanti, H. D. (2021). Meta-analisis model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1394–1355.

Harsoyo, R. (2021). Pengembangan Mutu Pendidikan (Tinjauan Konsep Mutu Kaoru Ishikawa). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 95–112.

Hidayati, A., Bentri, A., & Rahmi, U. (2017). Analyzing the Issues in the Implementation of Authentic Assessment in the 2013 Curriculum. Al-Ta Lim Journal, 24(1), 53–59.

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80–92. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959

Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar di abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125.

Murdani, M. H., Sukardi, & Handayani, N. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1745–1753. https://doi.org/10.37567/jie.v9i2.2509

Musya’Adah, U. (2020). Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 2(1), 9–27.

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323

Patandung, Y., & Panggua, S. (2022). Analisis Masalah-Masalah Pendidikan dan Tantangan Pendidikan Nasional. Jurnal Sinestesia, 12(2), 794–805.

Prasedari, L. P. E., Pujdawan, K., & Suranata, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Tri Pranama Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 50–60. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20771

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75–94.

Ramadhan, W. (2023). Analisis integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran Ilmu Pendidikan Alam dan Sosial (IPAS) pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 6(1), 81–92.

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114–121.

Sugrah, N. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains. Humanika, 19(2), 121–138.

Susilowati, D. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik melalui Implementasi Metode Eksperimen pada Mata Pelajaran IPAS. Khazanah Pendidikan, 17(1), 186–196.

Wahyu Ariyani, O., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892

Wardani, D. (2020). Usaha Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas V Sdn Babatan V/460 Surabaya. Journal of Elementary Education, 5(1), 13.

Zahro, F., Mushafanah, Q., & Ngarisih. (2023). Peningkatan Hasil Belajar PPKN Dengan Model Problem Based Learning Berbasis Audio Visual Siswa Kelas IV SDN Pati Lor 03. Prosiding Seminar Nasional PPG Upgris, 393–402. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3939