Islam sebagai Agama yang Mengutamakan Pendidikan Studi Penelitian Hadis Tentang Pentingnya Pendidikan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan menjadi ladang untuk mencari bekal dalam menjani kehidupan, karena dalam menjani kehidupan umat manusia butuh pendidikan yang akan mengajarkan tata cara supaya hubungan dengan pencipta, pemerintah, sesama, dan lingkungan hidup bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu, pendidikan menjadi sangat penting sehingga dalam hukum negara maupun agama terutama agama Islam telah mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu atau menempuh pendidikan, sebagaimana yang terdapat dalam hadis-hadis Nabi Muhammad SAW yang membahas pentingnya pendidikan. Nabi Muhammad SAW sendiri telah mempraktekkan mempraktekkan pendidikan ini dengan para sahabat, sehingga diikuti oleh para sahabat dan seterusnya tentang semua disiplin ilmu terutama dalam menyebarkan dan mangajarkan ajaran Islam. Sampai saat ini kita temui di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali lembaga pendidikan yang tersebar di seluruh Indonesia baik itu dengan formal maupun non formal. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi motivasi belajar melalui uraian beberapa hadis Nabi yang memerintahkan untuk menuntut ilmu. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan informasi dan data secara mendalam melalui diberbagai literatur, catatan, kitab-kitab hadis, majalah, buku-buku, jurnal, artikel, dan berbagai sumber lainnya. Kemudian, itu yang dikaji, dianalisis, dan uraikan. Hasil analisis memunculkan tiga pembahasan yaitu pengertian Hadis dan pendidikan, keutamaan orang yang berilmu, dan Hadis tentang pentingnya pendidikan. Kajian tentang ketiga tema tersebut sangat berguna untuk memahami bagaimana pentingnya pendidikan dari sudut pandang Hadis.
Rincian Artikel
Referensi
Al-Albani. (3913). Shahiih al-Jaami’ish Shaghiir.
al-Bukhari, A. A. bin M. I. (n.d.). Shahih al-Bukhari.
Ali, M. D. (2011). Pendidikan Agama Islam. Raja Grafindo Persada.
Asari, H. (2020). Hadis-Hadis Pendidikan: Sebuah Penelusuran Akar-Akar Ilmu Pendidikan Islam. Perdana Publishing Kelompok Penerbit Perdana Mulya Sarana.
At-Tirmizi, A. I. M. ibn I. (246 C.E.). Sunan at-Tirmidzi al-Jami’us Shahih.
Daud, A. (n.d.). Sunan Abu Daud.
Departemen Agama RI. (2017). AL-Qur’an dan Terjemahan, at- Tin (95). Citra Mulia Agung.
Dkk, M. B. B. (2018). Materi Pendidikan Islam dalam Hadis Nabi dan Relevansinya dengan konsep dan sistem Pendidikan Modern. Dirasat: Jurnal Menejemen Dan Pendidikan Islam, 4, 208.
Farida, S. N. (2016). Hadis-Hadis Tentang Pendidikan; Suatu Telaah Tentang Pentingnya Pendidikan Anak. Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis, 1(1), 35–42.
Ghea Silviana Putri, dkk. (2020). Konsep Belajar Pendidikan Islam dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 9(1), 28.
Hasbi Siddik, dkk. (2020). Pendidikan Anak dalam Persfektif Hadis. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 12, 201–404.
Hibban, I. (n.d.). i.
Imam Al Baihaqi. (1612). Syu’bul Iman.
Imam Bukhari dan Imam Muslim. (8069). Mustadrok ‘ala Shohihain.
Imam Muslim. (n.d.). Hadist Shahih Muslim.
Imam Tirmidzi. (n.d.). Sunan Al-Turmudzi Al-‘Aththar JUZ 4.
Irham. (2020). Hadis Populer tantang Ilmu dan Relevansinya dalam Masalah Pendidikan Islam. Al Quds Jurnal Studi Alquran Hadis, 4(2), 242.
Iswati. (2019). Long Life Eduction dalam Perspektif Hadis; Suatu Tinjauan Pendidikan Sejak Pranatal dan Analisis Terhadap Kualitas Hadis Pendidikan Sepanjang Hayat. At-Tajdid, 3(2), 127.
Jaya, S. A. F. (2019). Al-Qur’an dan Hadis Sebagai Sumber Hukum Islam. Indo-Islamika, 9(2), 205.
John M. (2005). Echols dan Hasan Sadily. In Kamus Inggris Indonesia (p. 207). Gramedia Pustaka.
Khaeruman, B. (2014). Ulum Al-Hadis. In Pustaka Setia.
Khon, A. M. (2014a). Hadis Tarbawi: Hadis-hadis Pendidikan. Kencana Prenadamedia Group.
Khon, A. M. (2014b). Hadis Tarbawi: Hadis-Hadis Pendidikan. Kencana.
Marlina, F. L. (2020). Kecerdasan Majmuk (Multiple Intelligences) Anak Usia Dini Menurut Howard Gardner dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al Fitra Journal Of Early Chidhood Islamic Education, 3, 156.
Munirah. (2016). Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadis. Lentera Pendidikan, 19(2), 209–222.
Sagirah, S. (2017a). Hakekat Pendidikan dalam Al-Qur’an. Ittihad Jurnal Wilayah XI Kalimantan, 15(27), 41.
Sagirah, S. (2017b). Hakekat Pendidikan dalam Al-Qur’an. Ittihad Jurnal Wilayah XI Kalimantan, 15, 40.
Salim, H. dan. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana Prenada Media Grroup.
Sarifandi, S. (2014a). Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Hadis Nabi. Jurnal Ushuluddin, XXI, 67.
Sarifandi, S. (2014b). Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Hadis Nabi. Jurnal Ushuluddin, XXI(1), 65.
Shahih Muslim. (1893). Shahih Muslim.
Siddik, H. (2018). Pendidikan dalam Perspektif Hadis. , Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 10(2), 435–461.
Sunan Ad-Damari. (n.d.). Imam Al-Damiri.
Sunan at-Tirmidzi. (n.d.). Abu Isa Muhammad ibn Isa at-Tirmizi.
Tasbih. (2011). Analisis Historis sebagai Instrumen Kritik Matan Hadis. Jurnal Al-Ulum, 11, 151–172.
Umar, B. (2016a). Hadis Tarbawi: Pendidikan dalam Perspektif Hadis. Amzah.
Umar, B. (2016b). Hadis Tarbawi: Pendidikan dalam Perspektif Hadis.
Yaniawati, P. (2020). Penelitian Studi Kepustakaan. Penelitian Kepustakaan (Liberary Research), April, 15.
Yoga Dwi Anugrahadi, D. (2018). Mengetahui Pengaruh Kinerja Islam Terhadap Motivasi Islam, Komitmen Islam, dan Pelatihan Islam pada Karyawan PT. Ansurasi Tafakul Keluarga di Jakarta. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 5(8), 676–694.
Yulita, R. (2016). Hadis Sebagai Sumber Pengembangan Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 4(2), 580–591.