Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Virtual Reality dalam Kurikulum Merdeka
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembelajaran berdiferensiasi melalui teknologi Virtual Reality (VR). Pembelajaran berdiferensiasi menekankan pentingnya memfasilitasi kebutuhan belajar individu siswa berdasarkan minat, tingkat pemahaman, dan gaya belajar yang berbeda. Teknologi VR dipilih sebagai alat inovatif yang dapat memperkaya pengalaman belajar, memungkinkan siswa mengeksplorasi materi secara imersif dan interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis kajian pustaka, dengan menganalisis literatur terkait pembelajaran berdiferensiasi, penggunaan teknologi VR dalam pendidikan, serta relevansinya terhadap tujuan pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan VR berpotensi meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam belajar, serta mendukung strategi pembelajaran yang lebih fleksibel dan personal. Namun, terdapat tantangan seperti keterbatasan infrastruktur teknologi dan kebutuhan peningkatan kompetensi guru dalam memanfaatkan VR secara efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa integrasi VR dalam pembelajaran berdiferensiasi dapat mendukung pencapaian tujuan pendidikan dengan dukungan teknologi yang memadai dan pengembangan kapasitas guru.
Rincian Artikel
Referensi
Adnyana, I. K. S. (2022). Mewujudkan profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran bahasa dan sastra. Seminar Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya (Pedalitra II), Pedalitra II, 28–36.
Ali Mustadi, A. W. P., Octavian Muning Sayekti, N. A. A., Fera Dwidarti, Hesti Ariestina, H. T. E., Fajarsih Darusuprapti, M. A., & Ibda, H. (2022). Bahasa dan satra Indonesia SD berorientasi kurikulum merdeka (1st ed.). UNY Press.
Aliyah, V. N., Chamalah, E., & Arsanti, M. (2018). Keterampilan menulis poster dengan model pembelajaran kontekstual dan media gambar bertema iklan layanan masyarakat. Kembara, 4(1), 94–106.
Farid, I., Yulianti, R., Hasan, A., & Hilaiyah, T. (2022). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11177-11182.
Masitoh, S., & Cahyani, F. (2020). Penerapan sistem among dalam proses pendidikan suatu upaya mengembangkan kompetensi guru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 122. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p122--141
Meliani, F., Iqbal, A. M., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2020). Konsep moderasi islam dalam pendidikan plobal dan multikultural di Indonesia. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2), 195–211. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.37
Nurafifah, S. (2019). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menulis teks iklan siswa kelas VII SMP N 87 Jakarta tahun pembelajaran 2018/2019. 1–96.
Rahman, B. (2014). Refleksi diri dan peningkatan profesionalisme guru. Paedagogia, 17(1), 1–12. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia
Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022, November). Pembelajaran diferensiasi dalam kurikulum merdeka. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 4, No. 1).
Ratriana, R. D., Murtiyasa, B., Kom, M., & Muhibbin, A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Di Sekolah Dasar Islam Multiplus Ar Rahiim (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rassyi, S. F. (2024). Development of 3D Augmented Reality Based Learning Media as an Effort to Improve the Quality of Literacy in High Schools. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(3), 7-7.
Rohani, Akhmad. 1997. Media Pembelajaran Edukatif. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.
Santika, I. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi dan relevansi visi pedagogis Ki Hajar Dewantara dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1707–1715.
Simbolon, E. G., Siagian, B. A., Bangun, K., Sara Sidabutar, Girsang, A., & Purba, F. (2022).
Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam menulis teks persuasi di Kelas Viii SMP Gajah Mada Medan tahun ajaran 2021/2022. Diglosia: Jurnal …, 6(5), 386–394.https://unma.ac.id/jurnal/index.php/dl/article/view/3848%0Ahttps://unma.ac.id/jurnal/index.php/dl/article/viewFile/3848/2560
Sudjana, Nana. 2002. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sukma, L. R., Rassyi, S., & Fadhilah, J. (2021). Inovasi Media Pembelajaran Berbasis
Markerless Augmented Reality Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. PAKAR Pendidikan, 19(2), 116-125. https://doi.org/10.24036/pakar.v19i2.199
Suriamiharja, A. Husen, Nurjannah. 1997. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Debdikbud
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahas. Bandung: Angkasa
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms (2nd ed.). Virginia USA, ASCD.
Wohlgenannt, I., Simons, A., & Stieglitz, S. (2020). Virtual reality. Business & Information Systems Engineering, 62, 455-461.