Tinjauan Literatur Terhadap Media Pembelajaran Berbasis E-book Interaktif dalam Pembelajaran IPA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau literatur terkait penggunaan media pembelajaran berbasis e-book interaktif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dengan memanfaatkan elemen multimedia, seperti animasi, video, dan kuis interaktif, e-book interaktif menawarkan pendekatan yang inovatif dalam membantu siswa memahami konsep ilmiah yang kompleks. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji berbagai artikel dan penelitian yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa e-book interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar, pemahaman konsep, dan keterlibatan siswa. Namun, implementasi e-book interaktif masih menghadapi tantangan, seperti keterbatasan infrastruktur teknologi, kurangnya keterampilan teknis guru, dan hambatan aksesibilitas. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan yang matang dan pelatihan guru untuk memastikan efektivitas penggunaan e-book interaktif dalam pembelajaran IPA.
Rincian Artikel
Referensi
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184.
Awalia, M. R. S. D. (2022). HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GADGET DENGAN KELELAHAN MATA.
Dahlan, M. M., Sabri, S., Mohtaram, S., Kamarudin, N. S., & Syazana, F. (2024). Empowering Learning : The Impact Of Interactive Ebooks Educational Administration : Theory and Practice Empowering Learning : The Impact Of Interactive Ebooks. May. https://doi.org/10.53555/kuey.v30i5.5079
Darihastining, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas V MI Ghozaliyah Melalui Media Audio Mufarikha. 1(2).
Dewi, S. A., Rini, T. A., & Rochani, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Ipas Menggunakan Model Pbl Berbantuan E-Book Interaktif Pada Siswa Kelas Iv. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6761–6773.
Dimitriadou, E., & Lanitis, A. (2023). A critical evaluation, challenges, and future perspectives of using artificial intelligence and emerging technologies in smart classrooms. Smart Learning Environments, 10(1). https://doi.org/10.1186/s40561-023-00231-3
Halim, A., Windiani, A., Noviyanti, C. N., Salsabila, N., & Ameylia, P. (n.d.). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL POWTOON PADA ANAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR.
Handayati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Dengan Memanfaatkan Fitur Rumah Belajar Pada Pada Mata Pelajaran Ipa. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(4), 369–384. https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN. http://journal.unpak.ac.id/index.php/jppguseda,
Irwansyah, J., Putri, O., Gumay, U., & Arini, W. (2024). Penerapan E-Book Fisika Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Lubuklinggau. 3, 63–71. https://doi.org/10.62383/pentagon.v2i3.229
Khairrani, A. (2019). E-Book sebagai media pembelajaran di masa depan.
Kiki Pratiwi Sufyan, D. (2024). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG STRUKTUR BUNGA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 298–303. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1107
Lestari, D. T., & Suciptaningsih, O. A. (2024). PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS HEYZINE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PADA ELEMEN UNDANG-UNDANG NEGARA REPUBLIK INDONESIA SISWA KELAS IV SD. 11, 450–459.
Maulid, T. A., Maulana, & Isrok’atun. (2024). Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 281–294.
Najib, M., Syawaluddin, A., Raihan, S., & Abstrak, A. I. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Sistem Tata Surya Berbasis Literasi Sains untuk Siswa SD. Jurnal Inovasi Pedagogi & Teknologi, 1(1), 1–13.
Ningsih, F. S. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Menunjang Pemahaman Siswa MI di Era Society 5 . 0. 6(1), 683–698.
Purwandari, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi E-Book Kurikulum 13 Sma Dan Smk. Jurnal Sainstech, 7(1), 59–63.
Rahayu, I. T., Pramuswari, M. F., Santya., M., Oktariani, R., & Fatimah, S. (2023). Analisis Hasil Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd/Mi. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal of Social Sciences, 01(2), 97–110.
Redaksi, D., Terakhir, D., & Rohmah, N. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN MASA KINI: APLIKASI PEMBUATAN DAN KEGUNAANNYA. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4. https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i2.771
Resti, N., Ridwan, R., Palupy, R. T., & Riandi, R. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Menggunakan AR (Augmented Reality) pada Materi Sistem Pencernaan. BIODIK, 10(2), 238–248. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.34022
Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42. https://doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427
Ruddayamanti. (2019). Pemanfaatan Buku Digital dalam Meningkatkan Minat Baca.
Syafani, S. R., & Tressyalina, T. (2023). Penerapan E-Book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Teks Biografi. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 16–22. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.27
Zhang, X., Tlili, A., Shubeck, K., Hu, X., Huang, R., & Zhu, L. (2021). Teachers’ adoption of an open and interactive e-book for teaching K-12 students Artificial Intelligence: a mixed methods inquiry. Smart Learning Environments, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40561-021-00176-5