Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Mengembangkan Kreatifitas dan Berfikir kreatif Siswa SMK

Isi Artikel Utama

Shena Fajar Setianto

Abstrak

Dalam penelitian ini peneliti menganalisis sebuah pemikiran dari para tokoh pendidikan dalam menghasilkan kualitas pendidikan dan mencegah efek negatif dalam lingkup sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan model pembelajaran project based learning Pada model ini siswa akan diberikan suatu masalah/projek yang memerlukan pengaplikasikan teori yang telah diberikan menjadi suatu hasil (produk). Nantinya siswa akan mengembangkan kemampuan berfikir kritis.kreatif,dan kolaboratif. Data penelitian berupa hasil studi pustaka dan meneliti/analisis dokumen (Scritp), termasuk pengkajian karya tuils para tokoh pendidikan Indonesia, kebijakan moderen terkini dan literatur yang berhubungan. Hasil penelitian akan dijelaskan dan disusun dalam tema yang sesuai dan relevan. Hasil data penelitian didapatkan melalui analisis dokumen dan hasil literatur para tokoh pendidikan seperti karya tulis dan dikaitkan dengan tema yang sesuai dan relevan. Pertama kita akan menganalisis seberapa penting pendidikan karakter dalam membangun moralitas dan kesadaran siswa terutama di sekolah para guru juga memiliki peran dalam mencegah pergeseran moralitas para siswa dan membangun nilai budi pekerti luhur. Serta dengan model pembelajaran project based learning dapat mengembangkan kreatifitas dan berfikir kreatif.

Rincian Artikel

Bagian
Bagian Kebijakan

Referensi

Adhetya Cahyani, Iin Diah Listiana, S. P. D. L. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Anugrah, S., Jalinus, N., Abdullah, R., Mudjiran, M., Austin, D. A., & Rayendra, R. (2021). Peran Politik Terhadap Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2), 139–143. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i2.1135

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Asa, A. I. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara Dan Driyarkara. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 245–258. https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25361

Badawi. (2019). SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK MULIA DI SEKOLAH. 207–218.

Christian, Y. A. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2271–2278. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1207

Dinda, N. U., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Project Based Learning ( PjBL ) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli ( Studi Literatur ). 4(2), 44–62.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Hastuti, H. (2020). Mohammad Sjafe’I Dan Konsepsi Pemikiran Pendidikan Ruang Pendidik Ins Kayutanam. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 16(1), 1–16.

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal of Social and Culture, 12(4), 1–18.

Mawardi, A. (2017). Studi Pemikiran Pendidikan Kh. Ahmad Dahlan. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 94–102. https://doi.org/10.26618/jtw.v1i2.362

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Pemula, P. D. (2017).

Pratiwi, N. S. (2021). Kemampuan Menulis Puisi Modern dengan Pemanfaatan Media Lukisan Bertema Keluarga pada Siswa SMP Dwi Warna Jakarta Barat Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rasyid, R. E., Takdir, M., & Aisa, S. (2019). Metode Lekat dalam Pembelajaran Menulis Puisi. Cirebon: Penerbit Syntax Computama.

Ruth, I., & Oishi, V. (2020). PERGURUAN TINGGI. 4(2), 50–55.

Sabiq, A. F. (2021). Kebijakan Politik Dan Dampaknya Terhadap Pendidikan Agama Islam Di Indonesia. Lentera, 5(2), 1–14. https://lentera.kemenag.go.id/index.php/lentera/article/view/28

Sholeh, K., & Purwanto, J. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN BUKU AJAR APRESIASI PUISI LAMA , BARU , DAN. September, 134–142.

Soraya, S. Z. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa.

Sukirman. (2020). Teori, model, dan sistem pendidikan

Sunismi, Werdiningsih, D., & Wahyuni, S. (2022). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.

Susilawati, N. N. R. (2019). Hubungan Pendidikan Islam Terhadap Kemajuan Bangsa: Ditinjau dari Perkembangan Budaya. Profetika, 20(2), 190–195.

Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13.

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi project-based learning untuk mengeksplorasi kreativitas dan kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa. 5(September), 285–293.Soerjono. Penelitian Hukum Normatif: Suatu Tinjauan Singkat, cet. 9. Jakarta: Rajawali Press, 2006.

Sujatmoko, Andrey. “Pengadilan Campuran (“Hybrid Tribunal”) sebagai Forum Peneyelesaian atas Kejahatan Internasional”, Jurnal Hukum Humaniter Volume 3, Nomor 5, 2007