Pengaruh Pembelajaran Kebersihan Lingkungan Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia 5-6 Tahun Baiturrahman Gowa.

Isi Artikel Utama

Andi Rumaydha Salsabila Candra
Azizah Amal
Herman

Abstrak

Rendahnya pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak usia 5-6 tahun menjadi salah satu masalah utama di PAUD, termasuk di TK Baiturrahman Kabupaten Gowa. Observasi menunjukkan perilaku kurang baik seperti membuang sampah sembarangan dan rendahnya kesadaran mencuci tangan, meskipun kampanye kesehatan telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menjaga kebersihan lingkungan terhadap PHBS anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen non-ekuivalen group test dengan pendekatan kuantitatif, melibatkan kelompok eksperimen yang diberikan intervensi pembelajaran kebersihan lingkungan dan kelompok kontrol. Teknik purposive sampling digunakan dengan jumlah sampel 10 anak, dibagi menjadi dua kelompok: 5 anak eksperimen dan 5 anak kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan dokumentasi. Uji Paired Sample t-Test digunakan untuk analisis data. Hasil menunjukkan rata-rata pre-test kelompok eksperimen 32.7 dan post-test turun menjadi 8.4, mencerminkan peningkatan kebersihan. Kelompok kontrol memiliki pre-test 33.6 dan post-test 8.4, dengan sedikit perubahan. Uji t independen menunjukkan perbedaan signifikan (pre-test: t = 10.52, p = 4.09 × 10⁻⁹; post-test: t = 10.90, p = 2.32 × 10⁻⁹). Hasil ini menunjukkan pembelajaran kebersihan yang terstruktur efektif meningkatkan PHBS anak. Keterlibatan orang tua, guru, dan teman sebaya direkomendasikan untuk mendukung kebiasaan PHBS.

Rincian Artikel

Bagian
Bagian Kebijakan

Referensi

A., Darwis, D., & Asdar, F. (2023). Pengaruh edukasi cuci tangan terhadap penerapan PHBS pasca pandemi Covid-19. JIMPK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa. https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jimpk/article/view/1286

Anggraini, N. P., & Susanto, H. (2018). Efektivitas penguatan positif dalam membentuk perilaku hidup bersih pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 23–30.

Aprizah, A. (2021). Hubungan karakteristik ibu dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tatanan rumah tangga dengan kejadian stunting. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA (JKSP), 4(1), 115-123.

Cahyadi, A. T. (2022). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) anak sekolah dasar di SDN 13 Kolo Kota Bima. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/article/view/442

Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Pedoman pembelajaran kesehatan anak usia dini. Jakarta: DEPDIKNAS.

Haryanto, H. (2020). Efektivitas pendidikan kesehatan dalam meningkatkan praktik PHBS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 145–153.

Kusnadi, D. (2021). Tantangan dan strategi penanaman PHBS pada anak usia dini di masa pandemi. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 88–95.

Putri, A. Y., & Ramadhani, F. (2019). Pengaruh pemberian insentif terhadap peningkatan motivasi belajar dan perilaku anak usia dini. Jurnal Psikologi dan Pendidikan Anak, 7(1), 40–48.

Rahmawati, D. (2022). Nutrisi dan pertumbuhan anak 5-6 tahun. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 15(2), 56-63.

Rahmawati, F., & Proverawati, A. (2012). Pendidikan kesehatan anak usia dini. Nuha Medika.

Safitri, E., et al. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kebersihan terhadap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 45-60.

Sari, M. D. (2021). Implementasi program PHBS di TK: Studi kasus di kota X. Jurnal PAUD Berkualitas, 5(1), 12–20.

Sari, M. D., & Lestari, R. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 77–85.

Sari, R. (2021). Peran orang tua dalam menerapkan PHBS pada anak. Jurnal Pendidikan Keluarga, 10(4), 77-85.

Setiawan, A. (2017). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perilaku hidup bersih dan sehat anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), 45-50.

Wulandari, D., & Setiawan, A. (2020). Pembentukan kebiasaan sehat melalui pembelajaran berulang pada anak usia dini. Jurnal Ilmu Pendidikan Anak, 8(2), 103–112.

Wulandari, S., & Syahrul, R. (2017). Strategi pembelajaran sosial dalam membentuk karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 51–59.

Yuliana, N., & Prasetyo, A. (2017). Model pembelajaran berbasis observasi dan peniruan untuk menanamkan perilaku hidup sehat pada anak usia dini. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 45–53.