Kajian Kualitas dan Kuantitas Karya Sastra Berdasarkan Kebijakan Pengembangan Sastra Pemerintah Indonesia
Isi Artikel Utama
Abstrak
Karya sastra merupakan identitas suatu bangsa, termasuk karya sastra Indonesia. Indonesia dengan budayanya yang beragam telah melahirkan banyak karya sastra yang sudah mendunia, lahir dari para pengarang daerah dan semakin meluas dalam dunia sastra. Artikel ini mengkaji bagaimana pengaruh perkembangan sastra pemerintah Indonesia terhadap kualitas dan kuantitas karya sastra. Melalui metode kualitatif, tulisan ini menganalisis bahwa kebijakan pemerintah memegang peranan penting karena memuat rencana-rencana yang disusun dan diwujudkan oleh para ahli untuk kepentingan masyarakat. Kebijakan tersebut juga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas karya sastra dari sisi pengarang dan penerbit. Sebagai kesimpulan, kebijakan tersebut perlu terus didorong untuk membangun kesadaran akan bentuk-bentuk budaya dan melestarikan budaya Indonesia di kancah internasional.
Rincian Artikel
Referensi
Akpa, V. O., Asikhia, O. U., & Nneji, N. E. (2021). Organizational culture and organizational performance: A review of literature. International Journal of Advances in Engineering and Management, 3(1), 361-372.
Alam, S., Abustang, P. B., Amalina, R. N., & FJ, N. H. (2023). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar untuk Peningkatan Karakter Gemar Membaca melalui Program Literasi Kampus Mengajar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1022-1027.
Chen, X., Zou, D., Xie, H., & Cheng, G. (2021). Twenty years of personalized language learning. Educational Technology & Society, 24(1), 205-222.
Cordova Jr, N., Kilag, O. K., Andrin, G., Groenewald, E., & Abella, J. (2024). Promoting Literacy in Early Childhood: Leadership Practices and Long-Term Educational Impact. Excellencia: International Multi-disciplinary Journal of Education (2994-9521), 2(1), 79-89.
Devine, C. (2017). La Loi Toubon: Language Policy and Linguistic and Cultural Diversity in France. Carnegie Mellon University.
Hamdani, F. N., Marharendra, A. M., Kusuma, A. W., & Pasopati, R. U. (2023). The Intertwinements of Information and Literacy in Contemporary Culture. In Proceeding of International Seminar Enrichment of Career by Knowledge of Language and Literature (Vol. 11, No. 1, pp. 225-243).
Hasani, A. (2024). Analysis of the Relationship between Digital Literacy Program Development and Lecturer Productivity in Higher Education. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(3), 630-647.
https://doi.org/10.1007/s10993-020-09574-w
Isabella, I., Iriyani, A., & Lestari, D. P. (2023). Literasi Digital sebagai Upaya Membangun Karakter Masyarakat Digital. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 8(3), 167-172.
Kartiningsih, R., Pasopati, R. U., Wijaya, K., Andharu, D., Fadillah, M. R. I., Ananta, B. R., ... & Napitupulu, J. C. P. (2024). WRITING FABLES TO ENHANCE CREATIVITY OF STUDENTS OF SMPN 48 SURABAYA. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 3(3), 52-58.
Kemdikbud. (2023). Peduli Komunitas, Sastra, Kemendikbudristek Salurkan Bantuan Dana. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/11/peduli-komunitas-sastra-kemendikbudristek-salurkan-bantuan-dana.
Latifah, A. B. (2017). Membangun Nilai-Nilai Multikulturalisme Melalui Sastra Religius: Pembangunan Karakter Bangsa Melalui Gerakan Literasi Sastra, https://www.academia.edu/35396951/MEMBANGUN_NILAI_NILAI_MULTIKULTURALISME_MELALUI_SASTRA_RELIGIUS_pdf?email_work_card=thumbnail
Löfgren, M., & Erixon, P. O. (2022). Literature—a high risk implementation route to literacy?. L1-Educational Studies in Language and Literature, 22(1).
Masek, L. R., Ramirez, A. G., McMillan, B. T., Hirsh‐Pasek, K., & Golinkoff, R. M. (2021). Beyond counting words: A paradigm shift for the study of language acquisition. Child Development Perspectives, 15(4), 274-280.
Merga, M. K. (2022). The role of the library within school-level literacy policies and plans in Australia and the United Kingdom. Journal of Librarianship and Information Science, 54(3), 469-481.
Mourtzis, D., Angelopoulos, J., & Panopoulos, N. (2022). A Literature Review of the Challenges and Opportunities of the Transition from Industry 4.0 to Society 5.0. Energies, 15(17), 6276.
Pasopati, R. U., Wijaya, K., Andharu, D., Fadillah, M. R. I., & Ananta, B. R. (2024). The Crucial Points of Subtextual Analysis in Contemporary Literary Criticism. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 4(2), 211-224.
Pitrianti, S., Sampetoding, E. A., Purba, A. A., & Pongtambing, Y. S. (2023, November). Literasi digital pada masyarakat desa. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi (Vol. 3, No. 1, pp. 43-49).
Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis tingkat literasi digital generasi milenial Kota Surabaya dalam menanggulangi penyebaran hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1), 33-43.
Rochmah, Z., & Bakar, M. Y. A. (2021). Studi Kebijakan mengenai Gerakan Literasi Sekolah. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 110-115.
Roziqin, A., Mas’ udi, S. Y., & Sihidi, I. T. (2021). An analysis of Indonesian government policies against COVID-19. Public Administration and Policy, 24(1), 92-107.
Spolsky, B. (2021). Qinsheng Zhou: Ethnic Minority Languages in China: Policy and Practice. Springer, 20(2), 291-294.
Trihastutie, N. (2023). Interpreting Children’S Appreciation of Children’s Literature in the Visual Literacy Era. Linguist. Lit. J, 4(1), 14-20.
Virginia Nona, R., Laga, Y., Demon, Y., & Dapa, D. (2023). KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS FLORES . Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 238-246. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i3.2731
Westall, J., & Cummings, A. (2023). The Effects of Early Literacy Policies on Student Achievement. Education Policy Innovation Collaborative, 1-66.
Wijaya, K., Pasopati, R. U., Suyaji, F. I. M., Kirana, K. S., Oktavia, S. A., & Ramadhani, R. D. (2024, July). Representation of Verisimilitude in Analysis of Flash Fiction. In Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian (Vol. 6, pp. 491-499).
Yeter, I. H., Yang, W., & Sturgess, J. B. (2024). Global initiatives and challenges in integrating artificial intelligence literacy in elementary education: Mapping policies and empirical literature. Future in Educational Research, 2(4), 382-402.
Zhang, J., Wang, D., Ji, M., Yu, K., Qi, M., & Wang, H. (2024). Digital literacy, relative poverty, and common prosperity for rural households. International Review of Financial Analysis, 96, 103739.