Sejarah Islam Di Vietnam Sebagai Pembelajaran Sejarah Di SMA Kelas XII
Isi Artikel Utama
Abstrak
Masyarakat Cham, yang mayoritas menganut agama Hindu, telah menguasai wilayah tengah dan selatan Vietnam selama berabad-abad. Vietnam menjadi salah satu negara pertama di Asia yang berinteraksi dengan agama Islam seiring berjalannya waktu. Perbaikan dalam kehidupan umat Islam di Vietnam terjadi sejak pemerintah sosialis menerapkan kebijakan Doi Moi (Renovasi) pada tahun 1986, yang memungkinkan umat Muslim pribumi untuk melaksanakan ibadah shalat secara bersama-sama. Meskipun mayoritas penduduk Vietnam menganut agama Buddha, Islam di negara tersebut merupakan agama minoritas. Faktor-faktor seperti agama, sosialisme, dan lokasi geografis yang terpencil telah memengaruhi minoritas Islam di Vietnam. Hal ini membedakan Vietnam dari negara-negara lain di Asia Tenggara yang memiliki lokasi geografis yang lebih mudah dijangkau oleh pedagang atau saudagar Islam. Sebagai rumusan masalah yaitu : 1. Untuk mengetahui Sejak kapan islam masuk ke Vietnam. 2. Untuk mengetahui mazhab apa yang dianut oleh umat islam di Vietnam, 3. Untuk mengetahui umat islam di Vietnam pada masa sekarang. Metode penelitian kualitatif diterapkan dalam penelitian ini atau temuan studi analisis kualitatif menunjukan bahwa Sejarah agama islam di Vietnam mayoritas islam berasal dari etnis champa. Diperkirakan bahawa agama islam memasuki wilayah kerajaan champa pada priode dinasti Zong di Champa pada tahun 960-1280 M. Sehingga penyebaran agama islam dapat memberikan hal yang sanggat berkembang di dalam negeri dan luar negeri yang sangat menyebar luas di masyarakat hingga saat ini.
Rincian Artikel
Bagian
Bagian Kebijakan
Referensi
Adawiyah, R & Jammaluddin, W. (2016). Rekayasa Pendidikan Agama Islam di Daerah Minoritas Muslim. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. Vol.1, No.2
Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Amin, F., & Ananda, R. A. (2018). Kedatangan dan Penyebaran Islam di Asia Tenggara: Telaah Teoritik tentang Proses Islamisasi Nusantara. Analisis: Jurnal Studi Ke islaman 18 (2)
Azyumardi Azra, 2000. Renaissans Islam Asia Tenggara; Sejarah Wacana dan Kekuasaan Bandung: Rosdakarya.
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Serang: Penerbit Laksita Indonesia.
Creswell. (2008). Educational Research, planning, conduting, and evaluating qualitative dan quantitative approaches. London: Sage Publictions.
Dakwatun, T. (2009). Umat Islam Di Vietnam. Dakwatun.com. https://www.dakwatuna.com/2009/06/09/2737/umat-islam-di-vietnam. Diakses pada 19 Mei 2024. Pukul. 15.00 Wib
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Haque, M. G. (2019). Muslimin vietnam dan Industri Halalnya: Mereka Juga Belajar ke LPPOM MUI , Jakarta: Kencana.
Hidayati, U. (2015). Penyelenggaraan Madrasah di Daerah Minoritas Muslim. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. Vol.13, No.2
Kochhar. (2008). Pembelajaran Sejarah: Teaching of History. Jakarta: Grasindo.
Khozin, W. (2019). Pendidikan Agama Dan Keagamaan di Vietnam: Studi Kasus Madrasah Al Nur Dan Pesantren Darussalam. Edukasi: Jurnal penelitian Pendidikan agama dan kegamaan
Madjid, M, D., & Wahyudhi, J. (2014). Ilmu Sejarah: Sebuah Pengatar. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugioyono. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakaryo.
Wahid, A. (2011). Pergulatan Pendidikan Agama Islam di Kawasan Minoritas Muslim. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
Zuldafrial. (2009). Pendekatan Penelitian dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Pontianak: Pustaka Abuya.
Isi Artikel Utama
Abstrak
Masyarakat Cham, yang mayoritas menganut agama Hindu, telah menguasai wilayah tengah dan selatan Vietnam selama berabad-abad. Vietnam menjadi salah satu negara pertama di Asia yang berinteraksi dengan agama Islam seiring berjalannya waktu. Perbaikan dalam kehidupan umat Islam di Vietnam terjadi sejak pemerintah sosialis menerapkan kebijakan Doi Moi (Renovasi) pada tahun 1986, yang memungkinkan umat Muslim pribumi untuk melaksanakan ibadah shalat secara bersama-sama. Meskipun mayoritas penduduk Vietnam menganut agama Buddha, Islam di negara tersebut merupakan agama minoritas. Faktor-faktor seperti agama, sosialisme, dan lokasi geografis yang terpencil telah memengaruhi minoritas Islam di Vietnam. Hal ini membedakan Vietnam dari negara-negara lain di Asia Tenggara yang memiliki lokasi geografis yang lebih mudah dijangkau oleh pedagang atau saudagar Islam. Sebagai rumusan masalah yaitu : 1. Untuk mengetahui Sejak kapan islam masuk ke Vietnam. 2. Untuk mengetahui mazhab apa yang dianut oleh umat islam di Vietnam, 3. Untuk mengetahui umat islam di Vietnam pada masa sekarang. Metode penelitian kualitatif diterapkan dalam penelitian ini atau temuan studi analisis kualitatif menunjukan bahwa Sejarah agama islam di Vietnam mayoritas islam berasal dari etnis champa. Diperkirakan bahawa agama islam memasuki wilayah kerajaan champa pada priode dinasti Zong di Champa pada tahun 960-1280 M. Sehingga penyebaran agama islam dapat memberikan hal yang sanggat berkembang di dalam negeri dan luar negeri yang sangat menyebar luas di masyarakat hingga saat ini.
Rincian Artikel
Referensi
Adawiyah, R & Jammaluddin, W. (2016). Rekayasa Pendidikan Agama Islam di Daerah Minoritas Muslim. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. Vol.1, No.2
Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Amin, F., & Ananda, R. A. (2018). Kedatangan dan Penyebaran Islam di Asia Tenggara: Telaah Teoritik tentang Proses Islamisasi Nusantara. Analisis: Jurnal Studi Ke islaman 18 (2)
Azyumardi Azra, 2000. Renaissans Islam Asia Tenggara; Sejarah Wacana dan Kekuasaan Bandung: Rosdakarya.
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Serang: Penerbit Laksita Indonesia.
Creswell. (2008). Educational Research, planning, conduting, and evaluating qualitative dan quantitative approaches. London: Sage Publictions.
Dakwatun, T. (2009). Umat Islam Di Vietnam. Dakwatun.com. https://www.dakwatuna.com/2009/06/09/2737/umat-islam-di-vietnam. Diakses pada 19 Mei 2024. Pukul. 15.00 Wib
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Haque, M. G. (2019). Muslimin vietnam dan Industri Halalnya: Mereka Juga Belajar ke LPPOM MUI , Jakarta: Kencana.
Hidayati, U. (2015). Penyelenggaraan Madrasah di Daerah Minoritas Muslim. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. Vol.13, No.2
Kochhar. (2008). Pembelajaran Sejarah: Teaching of History. Jakarta: Grasindo.
Khozin, W. (2019). Pendidikan Agama Dan Keagamaan di Vietnam: Studi Kasus Madrasah Al Nur Dan Pesantren Darussalam. Edukasi: Jurnal penelitian Pendidikan agama dan kegamaan
Madjid, M, D., & Wahyudhi, J. (2014). Ilmu Sejarah: Sebuah Pengatar. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugioyono. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakaryo.
Wahid, A. (2011). Pergulatan Pendidikan Agama Islam di Kawasan Minoritas Muslim. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan
Zuldafrial. (2009). Pendekatan Penelitian dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah Pontianak: Pustaka Abuya.