Penerapan Strategi Visual Phonics untuk Pengenalan Huruf Bilabial bagi Anak Tunarungu di SLB Negeri Cicendo
Isi Artikel Utama
Abstrak
Hambatan pendengaran berdampak pada keterlambatan bahasa, khususnya dalam mengenal huruf. Berdasarkan temuan empiris, subjek penelitian hanya mampu mengidentifikasi huruf vokal dan huruf bilabial /m/. Strategi pembelajaran sebelumnya menggunakan pendekatan ekspositori melalui metode ceramah, yang kurang efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi visual phonics dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf bilabial /p/ dan /b/ pada anak tunarungu kelas II di SLB Negeri X Kota Bandung. Penelitian menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian adalah seorang anak tunarungu dengan tingkat kehilangan pendengaran sangat berat (> 90 dB). Hasil penelitian Manoukian bahwa penerapan strategi visual phonics dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf bilabial, meliputi aspek pengucapan, pengisyaratan, serta pengenalan huruf secara visual saat diucapkan oleh peneliti maupun dalam konteks kata fungsional. Peningkatan kemampuan subjek ditunjukkan melalui peningkatan mean level pada setiap fase, yang didukung oleh hasil analisis intra dan antar kondisi. Strategi visual phonics merupakan pendekatan multisensori yang efektif dan dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran fonem bagi anak tunarungu
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Atmaja, J. R. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. PT Remaja Rosdakarya.
Cacciato, K., & Reed, C. M. (2022). Visual Phonics: An Effective Instructional Tool For D/Deaf And Hard Of Hearing Students. In TCNJ Journal Of Student Scholarship: Vol. XXIV.
Derby, K. (2020). The Effectiveness of Visual Phonics t eness of Visual Phonics to Promote Phonological omote Phonological Awareness in Preschool Children with and Without Speech Sound Delays [Minnesota State University Moorhead]. https://red.mnstate.edu/thesis
Febri, A. R., & Tanjung, Y. (2022). Penerapan metode phonetic placment untuk meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan bilabial. Jurnal Unik: Pendidikan Luar Biasa, 7(1), 12–18. https://doi.org/10.30870/unik.v6i2.12987
Hudson, M. E., & Walker, M. M. (2022). Systematic review results are mixed for the effects of Visual Phonics on phonological awareness, reading decoding, and reading comprehension for hearing students at-risk for reading failure and d/deaf and hard of hearing students. Evidence-Based Communication Assessment and Intervention, 16(1), 1–4.
Idawati, & Rosidin, O. (2023). Pemerolehan Bahasa Anak Tunarungu Pengguna Hearing Aid dengan Media Kartu Bergambar. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 118–124. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3404
Juherna, E. dkk. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Disabilitas Anak Tunarungu. Jurnal Golden Age, 04(1), 12–19.
Kart, A. N. (2022). Systematic Review of Studies on Visual Phonics. In Communication Disorders Quarterly (Vol. 43, Issue 4, pp. 261–271). SAGE Publications Inc. https://doi.org/10.1177/15257401211024536
Kart, A. N. (2023). Turkish Adaptation of Visual Phonics. EJERCongress 2023 Conference Proceedings, 308–321.
Langille, J., & Green, Z. (2021). The Impact of Multi-Sensory Phonics Programs in Teaching English as an Additional Language. Canadian Journal of Education, 44(4), 1024–1050. https://doi.org/10.53967/CJE-RCE.V44I4.4723
Suhartini, E., & Setyowati, N. (2021). Optimalisasi Pelayanan Bina Komunikasi Melalui Program Persepsi Bunyi Dan Irama (Bkpbi), Untuk Anak Yang Berkebutuhan Kusus Tunarunggu Di Sdlb Negeri Jenangan Ponorogo. BASICA Journal of Primary Education, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37680/basica.v1i1.777
Sulistyowati, H., & Hanifah, N. (2021). Language Skills Of Deaf Children At Jombang State Exceptional School. Jurnal DISASTRI: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Inonesia, 3(2), 90–96.
Susetyo, B. (2022). Trik Penelitian Di Lingkungan Pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia. www.penerbituwais.com
Tucci, S. L., & Easterbrooks, S. R. (2015). A Syllable Segmentation, Letter-Sound, and Initial-Sound Intervention With Students Who Are Deaf or Hard of Hearing and Use Sign Language. The Journal of Special Education, 48(4), 279–289.
Wijayani, S. (2017). Penerapan Metode Visual Phonic Dalam Pembelajaran Anak Tunarungu Di Rumah Kata. Universitas Negeri Yogyakarta.