ICULTOURE.ID Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Bahasa Indonesia Terintegrasi Pengenalan Budaya

Isi Artikel Utama

Prahoro Yudo Purwono

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan platform pembelajaran berbasis virtual yang mengintegrasikan pembelajaran bahasa Indonesia dengan pengenalan budaya Indonesia, yang dinamakan "ICULTOURE.ID". Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis kebutuhan, terungkap bahwa terdapat permintaan yang cukup besar dari guru dan siswa untuk pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik. Selain itu, kajian kurikulum menunjukkan adanya KD dan KI yang mendukung pengintegrasian bahasa Indonesia dengan pengenalan budaya. Pihak yang terlibat dalam pengembangan dan implementasi meliputi guru, siswa, pengembang teknologi, ahli kurikulum, dan tim peneliti. Guru perlu terlibat dalam memperkenalkan dan mengelola penggunaan platform ini di kelas, sementara siswa perlu dilibatkan dalam memberikan umpan balik terkait desain dan konten. Pengembang teknologi bertanggung jawab dalam mengembangkan infrastruktur teknis dan fitur-fitur platform yang mendukung pembelajaran interaktif. Ahli kurikulum memberikan pandangan yang berharga dalam menyusun materi pembelajaran yang sesuai dengan standar kurikulum yang berlaku. Tim peneliti berperan dalam memonitor dan mengevaluasi implementasi platform ini. Diharapkan bahwa pengembangan "ICULTOURE.ID" dapat memberikan solusi inovatif untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia dan pengenalan budaya Indonesia di sekolah menengah atas, serta memberikan kontribusi dalam upaya revitalisasi budaya Indonesia di kalangan generasi muda.

Rincian Artikel

Bagian
Bagian Kebijakan

Referensi

Adi Waskito, A. A. (2018). Game Edukasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android. Seminar Nasional Fst, 1.

Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Unissula, 1(1).

Angelianawati, L. (2019). Being An English Teacher In Industrial Revolution 4.0: An Overview About Roles, Challenges, And Implications. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3). Https://Doi.Org/10.33541/Jdp.V11i3.896

Aprilda, N. M. M., Kusmana, A., & Rustam, R. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Pendekatan Ctl Pada Materi Teks Hasil Laporan Observasi Kelas X Sma. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3). Https://Doi.Org/10.23887/Jp2.V4i3.41097

Bamanty, M. M., Lestari, P., & Novianti, D. (2020). Model Kompetensi Komunikasi Bisnis Lintas Budaya Indonesia Dan Jerman. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1). Https://Doi.Org/10.31315/Jik.V17i1.3507

Cholimah, N., Budi Maryatun, I., Christianti, M., & Sapti Cahyaningrum, E. (2020). Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Taman Lalu Lintas Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1). Https://Doi.Org/10.21831/Jpipfip.V13i1.27634

Desy Irafadillah Effendi, Hidayat, M. T., Ayu Suciani, Azrul Rizki, Nuriana, & Tety Mustika. (2022). Pelatihan Bahan Ajar Sastra Berbasis Multiplatform Bagi Guru Mgmp Bahasa Indonesia. International Journal Of Community Service Learning, 6(3). Https://Doi.Org/10.23887/Ijcsl.V6i3.52091

Dewantara, A. A. N. B. J., Sutama, I. M., & Wisudariani, N. M. R. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Di Sma Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2). Https://Doi.Org/10.23887/Jjpbs.V9i2.20462

Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala Literasi Baca Tulis Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di Sma Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1). Https://Doi.Org/10.22515/Tabasa.V2i1.2685

F. Amin, K. (2021). Pengajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (Bipa) Dan Pengenalan Budaya Lokal Bugis-Makassar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6). Https://Doi.Org/10.36418/Japendi.V2i6.195

Fitri, R., & Rakimahwati, R. (2021). Game Edukasi Berbasis Budaya Lokal Sumbang Duo Baleh Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i1.1220

Hawkes, M. (2012). Instructional Design And Evaluation. In Encyclopedia Of Evaluation Encyclopedia Of Evaluation. Https://Doi.Org/10.4135/9781412950596.N278

Hertiki, H. (2017). Pengaruh Model Pbi Terhadap Kemampuan Menulis Laporan Hasil Pengamatan Siswa Kelas Xi Sma Uisu Medan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa).

Huang, Y. (2024). Analysis Of The Impact Of Addie Education Model Based On Logistic Regression Model On Teaching Contemporary Cultural And Creative Product Design. Applied Mathematics And Nonlinear Sciences, 9(1). Https://Doi.Org/10.2478/Amns.2023.2.00243

Hura, S., & Mawikere, M. C. S. (2020). Kajian Biblika Mengenai Pendidikan Anak Dan Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Edulead: Journal Of Christian Education And Leadership, 1(1). Https://Doi.Org/10.47530/Edulead.V1i1.12

Isron, H., Ayyu Faridhatul Masrura, M. Farras Aditya P. A, Dodik Arwin Dermawan, & Paramitha Nerisafitra. (2020). Cubid Ec : Aplikasi Edukasi Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality. Explore It! : Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknik Informatika, 12(1). Https://Doi.Org/10.35891/Explorit.V12i1.2051

Kaltsum, H. U. (2017). Pemanfaatan Alat Peraga Edukatif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Urecol.

Kaslani, K., Purnamasari, A. I., & Setiawan, A. (2022). Pengembangan Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Kuliah Dasar Akuntansi. Jurnal Ict : Information Communication & Technology, 20(2). Https://Doi.Org/10.36054/Jict-Ikmi.V20i2.421

Kastro, A. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sarana Pendukung Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(1). Https://Doi.Org/10.26418/Jurnalkpk.V4i1.40887

Koedoes, Y. A., Abubakar, S. R., Nadzirin, M., & Nur, A. (2020). Solusi Pembelajaran Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan, 2(2).

Lai, L., Wang, L., Huang, R., Jiang, Z. L., Huang, J., Shi, W., Zhou, B., Chen, R., Lei, B., & Fang, J. (2024). Task-Driven Addie-Twist Model With A Teach-Study Double-Helix Structure. Ieee Transactions On Education, 67(1). Https://Doi.Org/10.1109/Te.2023.3296975

Lestari, N. M. C. P., Sutama, I. M., & Utama, I. D. G. B. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Visual Bagi Pebelajar Bipa Pemula Di Undiksha. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jjpbs.V8i1.20535

Lior, L. N. (2013). Design And Development Models And Processes. In Writing For Interaction. Https://Doi.Org/10.1016/B978-0-12-394813-7.00002-X

Lubis, H., Zurika Elvianti, & Et Al. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Android Dengan Aplikasi “Aksi ( Asah Akuntansi ).” Seminar Nasional Pendidikan.

Nur, M. A. R. (2019). Bipa Sebagai Strategi Kebudayaan Dan Implementasinya Dalam Metode Pembelajaran. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9).

Patriani, R. P., & Kusumaningrum, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dan 3 Dimensi Kelas Xi Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Ipteks, 5(2). Https://Doi.Org/10.32528/Ipteks.V5i2.3651

Permatasari, D. A. (2022). Peningkatan Motivasi Dan Konsentrasi Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Game Kahoot Di Tingkat Sekolah Menengah Atas. Sandibasa I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I), 4(1).

Purwono, P., & Asteria, P. (2021). Pembelajaran Bipa Dengan Aplikasi Awan Asa Berbasis Pengenalan Lintas Budaya. Fon : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 17(1), 97–107. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.25134/Fjpbsi.V17i1.3892

Purwono, P. Y., Rasiawan, M. F., & Wijaya, O. V. (2021). Pembelajaran Bahasa Jerman Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Mahasiswa Berbantuan Aplikasi Awan Asa. Brila: Journal Of Foreign Language Education, 1(2), 55–67.

Rahayu, P. A. (2022). Penggunaan Oodlu Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktis 7: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2022, 7(1).

Rahmalia, D., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2). Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.782

Rispantyo, A. T. S. &. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Inovasi Pengembangan Di Era Media Digital Dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1). Https://Doi.Org/10.33061/Jgz.V7i1.3059

Salas-Rueda, R. A., Salas-Rueda, É. P., & Salas-Rueda, R. D. (2020). Analysis And Design Of The Web Game On Descriptive Statistics Through The Addie Model, Data Science And Machine Learning. International Journal Of Education In Mathematics, Science And Technology, 8(3). Https://Doi.Org/10.46328/Ijemst.V8i3.759

Sekarsari, R. W., Fabiola, J. D., Hidayatullah, R., Oktaviana, D., Ma’arif, S. D., Riansyah, I. A. S., Giofany, M., Rokhmawati, I. N., Agestwo, R., Putra, A. D., & Sahroni, A. (2020). Meningkatkan Potensi Sumber Daya Alam Untuk Mewujudkan Desa Wisata. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (Jp2m), 1(2). Https://Doi.Org/10.33474/Jp2m.V1i2.6509

Setianingrum, I., & Azizah, N. (2021). Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i1.1268

Song, X., & Sabran, M. K. (2024). The Use Of Image Resources In The Improvement Of University Teaching Based On The Addie Model. Applied Mathematics And Nonlinear Sciences, 9(1). Https://Doi.Org/10.2478/Amns.2023.1.00269

Suryana, D., Sari, N. E., Winarti, Lina, Mayar, F., & Satria, S. (2021). English Learning Interactive Media For Early Childhood Through The Total Physical Response Method. Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1). Https://Doi.Org/10.21009/Jpud.151.04

Suwandi, S. (2022). Sinergi Budaya Dan Teknologi Dalam Ilmu Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya. Jurnal: Universitas Sebelas Maret.

Tomasouw, J., Marantika, J. E. R., Maitimu, C. S., & Lestari, V. (2021). Pengembangan Materi Pembelajaran Berdasarkan Konstruktivisme Sosial Melalui Pendekatan Scaffolding. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 1(1). Https://Doi.Org/10.30598/Gabagabavol1iss1pp30-35

Udayana, A. T. P., Wirawan, I. M. A., & Sunarya, I. M. G. (2015). Pengembangan Aplikasi Panduan Pariwisata Berbasis Android Di Kabupaten Klungkung. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1).

Verdial, J. D. C. (2019). Problematik Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smak Suria Atambua. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2). Https://Doi.Org/10.32938/Jbi.V4i2.203

Wardhani, P. S. N. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Membangun Keberagaman Dan Meningkatkan Persatuan Bangsa Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(1).

Wijana, D. P. (2018). Pemertahanan Dan Pengembangan Bahasa Indonesia (Indonesian Language Maintenance And Development). Widyaparwa, 46(1). Https://Doi.Org/10.26499/Wdprw.V46i1.166

Wismanto, A. (2017). Interdependensi Antara Bahasa Indonesia Dengan Iptek Sebagai Penghela Pembentukan Istilah Melalui Media Bahasa. Jurnal Tuturan, 3(1). Https://Doi.Org/10.33603/Jt.V3i1.812

Yanuar, R. F., & Putri, T. N. D. U. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iii Sds Harapan Jakarta. Educare: Journal Of Primary Education, 2(2). Https://Doi.Org/10.35719/Educare.V2i2.74

Zhang, Z., Yue, S., Wang, J., & Yang, P. (2024). An Innovative Teaching Model Of Automotive Manufacturing Process Based On Addie Model. Applied Mathematics And Nonlinear Sciences, 9(1). Https://Doi.Org/10.2478/Amns.2023.1.00098