Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII MTsN 1 Sidoarjo Sebelum dan Sesudah Penerapan Media Pembelajaran ICT
Isi Artikel Utama
Abstrak
Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan tingkat keberhasilan suatu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Sidoarjo sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran ICT. Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan rancangan One-Grup Pretest- Posttest Design yang diimplementasikan hanya pada satu kelompok saja yang dipilih secara acak dan tidak dilakukan tes kestabilan juga kejelasan keadaan kelompok sebelum diberi perlakuan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji non parametrik yaitu uji Wilcoxon yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001 di mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kenaikan antara nilai pre-test dan post-test yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran.
Rincian Artikel
Bagian
Bagian Kebijakan
Referensi
Andi Ibrahim, Asrul Haq Alang, Madi, Baharuddin, M. A. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian (M. S. Dr. H. Ilyas Ismail, M.Pd. (ed.)). 2018.
Azizah, C. (2022). Implemetasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV Di SD Islam Maarif Sukorejo. 4(1), 1–23.
Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian Dilengkapi Analisis dengan NVIVO, SPSS, dan AMOS. Penerbit Mitra Wacana Media.
Fiani Wulan Saputri``, O., & Tirtoni, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Hasil Belajar PKN Kelas V SD Muhammadiyah 1 Krembung Pada Masa Pandemi. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 628–637. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.197
Fitratunisyah, F., Muhlis, M., Khairuddin, K., & Ramdani, A. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Penggunaan Media Video dan Media Power Point dalam Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1654–1663. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1375
Hrp, N. A., Masruro, Zulaini, Saragih, Zahara, S., Hasibuan, Rosmidah, Simamora, S. S., & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Widina Bhakti Persada Bandung. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
Kristiningsih. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas X IPA Di SMA Avicenna Cinere. 119–145.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Rahmadhon, R., Mukminin, A., & Muazza, M. (2021). Kompetensi Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Tekhnologi, Informasi dan Komunikasi pada Masa Pandemi Covid-19 di MIS Darussalam Kec. Jelutung Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 375–388.
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian (M. S. Dr. Ir. Try Koryati (ed.)). Penerbit KBM Indonesia.
Sembiring, tamaulina B., Irmawati, Sabir, M., & Tjahyadi, I. (2023). Buku Ajar metodologi penelitian ( teori dan praktik).
Shoffa, S. (2021). Buku Media Pembelajaran. In Bintang Sutabaya (Issue January).
Syamsuar, G. (2020). Modul Workshop Statistika (EKM235) Analisis Data Non-Parametrik. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, 1.
Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian.
Wulandari, N. A. (2014). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Prezi Dengan Powerpoint Pada Mata Diklat Akuntansi. Eprints Universitas Negeri Surabaya, 1–8.
Isi Artikel Utama
Abstrak
Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menentukan tingkat keberhasilan suatu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Sidoarjo sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran ICT. Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan rancangan One-Grup Pretest- Posttest Design yang diimplementasikan hanya pada satu kelompok saja yang dipilih secara acak dan tidak dilakukan tes kestabilan juga kejelasan keadaan kelompok sebelum diberi perlakuan. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji non parametrik yaitu uji Wilcoxon yang menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001 di mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kenaikan antara nilai pre-test dan post-test yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran.
Rincian Artikel
Referensi
Andi Ibrahim, Asrul Haq Alang, Madi, Baharuddin, M. A. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian (M. S. Dr. H. Ilyas Ismail, M.Pd. (ed.)). 2018.
Azizah, C. (2022). Implemetasi Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IV Di SD Islam Maarif Sukorejo. 4(1), 1–23.
Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian Dilengkapi Analisis dengan NVIVO, SPSS, dan AMOS. Penerbit Mitra Wacana Media.
Fiani Wulan Saputri``, O., & Tirtoni, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Hasil Belajar PKN Kelas V SD Muhammadiyah 1 Krembung Pada Masa Pandemi. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 628–637. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.197
Fitratunisyah, F., Muhlis, M., Khairuddin, K., & Ramdani, A. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Penggunaan Media Video dan Media Power Point dalam Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kota Bima Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1654–1663. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1375
Hrp, N. A., Masruro, Zulaini, Saragih, Zahara, S., Hasibuan, Rosmidah, Simamora, S. S., & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Widina Bhakti Persada Bandung. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
Kristiningsih. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas X IPA Di SMA Avicenna Cinere. 119–145.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Rahmadhon, R., Mukminin, A., & Muazza, M. (2021). Kompetensi Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Tekhnologi, Informasi dan Komunikasi pada Masa Pandemi Covid-19 di MIS Darussalam Kec. Jelutung Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 375–388.
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian (M. S. Dr. Ir. Try Koryati (ed.)). Penerbit KBM Indonesia.
Sembiring, tamaulina B., Irmawati, Sabir, M., & Tjahyadi, I. (2023). Buku Ajar metodologi penelitian ( teori dan praktik).
Shoffa, S. (2021). Buku Media Pembelajaran. In Bintang Sutabaya (Issue January).
Syamsuar, G. (2020). Modul Workshop Statistika (EKM235) Analisis Data Non-Parametrik. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, 1.
Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi, Khairunnisa, Lestari, S. M. P., Wijayanti, D. R., Devriany, A., Hidayat, A., Dalfian, Nurcahyati, S., Sjahriani, T., Armi, Widya, N., & Rogayah. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian.
Wulandari, N. A. (2014). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Prezi Dengan Powerpoint Pada Mata Diklat Akuntansi. Eprints Universitas Negeri Surabaya, 1–8.