Desain Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning dengan Ciri Kearifan Lokal untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif pada Era Society 5.0
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas desain materi pembelajaran berbasis Project-Based Learning (PBL) yang memanfaatkan karakter kearifan lokal dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif pada masa Society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan mahasiswa dan dosen, analisis dokumen bahan ajar, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain bahan ajar berbasis PBL dengan integrasi kearifan lokal efektif dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran dan melatih keterampilan berpikir kreatif mereka. Proses pembelajaran berbasis proyek mendorong kolaborasi antar-mahasiswa dan interaksi yang intens dengan masyarakat lokal, sementara integrasi kearifan lokal membuat pembelajaran menjadi lebih relevan dan kontekstual bagi mahasiswa. Implikasi penelitian ini menunjukkan pentingnya pengembangan keterampilan desain pembelajaran bagi dosen, keterlibatan aktif mahasiswa dalam pembelajaran, dan perlunya penelitian lanjutan untuk mendalami efektivitas pendekatan ini dalam konteks pendidikan yang lebih luas. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di era Society 5.0.
Rincian Artikel
Bagian
Bagian Kebijakan
Referensi
Ahmadi, F., Kom, S., Kom, M., & Ibda, H. (2021). Desain Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Daring di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Qahar Publisher.
Etri, G. J. (2023). Pembuatan Model E-Book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan Project Based Learning untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Doctoral dissertation, Fakultas Bahasa dan Seni.
Gemilang, S. S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Berbasis Pendekatan STEM Berbantuan Schoology Pada Materi Gelombang Bunyi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di SMAN 2 Bandar Lampung. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Haerunnisa, N., Wahyudi, A., & Nasution. (2019). An analysis of Multiple Intelligences Implementation to Enhance Memorization in Lower Grades of Muhammadiyah 9 Elementary School in Malang City. ELSE (Elementary School Education Journal), 3(1), 93–103. http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/871
Ninawati, M., & Wahyuni, N. (2020). The Effectiveness of Local Wisdom-Based Teaching Materials on Students' Writing Literacy Skills in Elementary Schools. Journal of Thought and Development for Elementary Schools (JP2SD), 8(1), 51–59. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12056
Pernantah, P. S., Khadijah, K., Hardian, M., & Syafiq, A. (2022). Desain Pembelajaran Project Based Terintegrasi Kearifan Lokal Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 4, pp. 191-203).
Sangi, K. G., Rahmawati, T. D., & Jufriansah, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di SDI Mauloo. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 01-13.
Sutriyati, S., Mulawarman, W. G., & Hudiyono, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai dengan Memanfaatkan Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) Siswa SMA. Diglosia, 2(1), 39-46.
Yuslinda, A. F. (Tahun tidak tercantum). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Kelas IV Di SDN 1 Tanjung Gading.
Zuhaida, A. (2023). Pembelajaran STEM-Project Based Learning Berbasis Bahan Bekas Pada Pembelajaran IPA. Aktualisasi Dan Problematika Dalam Pembelajaran, 117.
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas desain materi pembelajaran berbasis Project-Based Learning (PBL) yang memanfaatkan karakter kearifan lokal dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif pada masa Society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan mahasiswa dan dosen, analisis dokumen bahan ajar, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain bahan ajar berbasis PBL dengan integrasi kearifan lokal efektif dalam meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran dan melatih keterampilan berpikir kreatif mereka. Proses pembelajaran berbasis proyek mendorong kolaborasi antar-mahasiswa dan interaksi yang intens dengan masyarakat lokal, sementara integrasi kearifan lokal membuat pembelajaran menjadi lebih relevan dan kontekstual bagi mahasiswa. Implikasi penelitian ini menunjukkan pentingnya pengembangan keterampilan desain pembelajaran bagi dosen, keterlibatan aktif mahasiswa dalam pembelajaran, dan perlunya penelitian lanjutan untuk mendalami efektivitas pendekatan ini dalam konteks pendidikan yang lebih luas. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di era Society 5.0.
Rincian Artikel
Referensi
Ahmadi, F., Kom, S., Kom, M., & Ibda, H. (2021). Desain Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Daring di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Qahar Publisher.
Etri, G. J. (2023). Pembuatan Model E-Book Interaktif Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan Project Based Learning untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Doctoral dissertation, Fakultas Bahasa dan Seni.
Gemilang, S. S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Berbasis Pendekatan STEM Berbantuan Schoology Pada Materi Gelombang Bunyi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di SMAN 2 Bandar Lampung. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Haerunnisa, N., Wahyudi, A., & Nasution. (2019). An analysis of Multiple Intelligences Implementation to Enhance Memorization in Lower Grades of Muhammadiyah 9 Elementary School in Malang City. ELSE (Elementary School Education Journal), 3(1), 93–103. http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/871
Ninawati, M., & Wahyuni, N. (2020). The Effectiveness of Local Wisdom-Based Teaching Materials on Students' Writing Literacy Skills in Elementary Schools. Journal of Thought and Development for Elementary Schools (JP2SD), 8(1), 51–59. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12056
Pernantah, P. S., Khadijah, K., Hardian, M., & Syafiq, A. (2022). Desain Pembelajaran Project Based Terintegrasi Kearifan Lokal Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 4, pp. 191-203).
Sangi, K. G., Rahmawati, T. D., & Jufriansah, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di SDI Mauloo. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 01-13.
Sutriyati, S., Mulawarman, W. G., & Hudiyono, Y. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai dengan Memanfaatkan Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) Siswa SMA. Diglosia, 2(1), 39-46.
Yuslinda, A. F. (Tahun tidak tercantum). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Kelas IV Di SDN 1 Tanjung Gading.
Zuhaida, A. (2023). Pembelajaran STEM-Project Based Learning Berbasis Bahan Bekas Pada Pembelajaran IPA. Aktualisasi Dan Problematika Dalam Pembelajaran, 117.