Transformasi Penilaian Pembelajaran di Kelas dalam Pembelajaran Holistik di Era Kurikulum Merdeka

Isi Artikel Utama

Tutus Sandrika
Titik Ayu Kartika
Tiara Khaerani Hasibuan
Akil
Abdul Azis

Abstrak

Permasalahan yang diidentifikasi dalam penelitian ini adalah dominasi penilaian pembelajaran yang hanya berfokus pada aspek kognitif, sementara dimensi afektif dan psikomotorik sering diabaikan. Hal ini mengakibatkan ketidakseimbangan dalam pengembangan kompetensi peserta didik secara menyeluruh. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengkaji urgensi dan strategi transformasi penilaian pembelajaran di kelas yang mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam konteks Kurikulum Merdeka dan pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis 25 sumber ilmiah yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir, termasuk jurnal akademik, buku, dan kebijakan pendidikan. Literatur dipilih berdasarkan relevansi topik, keterbaruan, serta keterkaitan dengan pendekatan penilaian holistik. Data dianalisis menggunakan pendekatan sintesis naratif untuk mengidentifikasi tema utama terkait praktik, tantangan, dan rekomendasi implementasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi ketiga domain penilaian berkontribusi signifikan terhadap pengembangan karakter, keterampilan praktis, dan kompetensi akademik siswa secara harmonis. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa transformasi penilaian membutuhkan peningkatan kapasitas guru, pengembangan instrumen non-tes, dan sinergi kebijakan pendidikan. Beberapa tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan, serta minimnya pemahaman konseptual tentang penilaian holistik. Penelitian ini menegaskan pentingnya paradigma baru dalam evaluasi pembelajaran yang tidak hanya menilai hasil akademik, tetapi juga proses, sikap, dan keterampilan siswa. Transformasi ini menjadi langkah strategis untuk membentuk peserta didik yang utuh, adaptif, dan siap menghadapi tantangan global.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sandrika, T., Kartika, T. A., Hasibuan, T. K., Akil, A., & Azis, A. (2025). Transformasi Penilaian Pembelajaran di Kelas dalam Pembelajaran Holistik di Era Kurikulum Merdeka. Hayati : Jurnal Pendidikan, 1(1), 41–53. https://doi.org/10.69836/hayati.v1i1.344
Bagian
Artikel
Biografi Penulis

Titik Ayu Kartika, Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang

Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang

Tiara Khaerani Hasibuan, Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang

Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang

Akil, Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang

Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang

Abdul Azis, Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang

Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang

Referensi

Abdullah Karimuddin, misbahul, suryadin, dkk. 2022. Metodologi penelitian kualitatif. Sigli: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makasar: Syakir Media Press.

Akhmad Dalil Rohman, amalia, dkk. 2024. "Integrasi nilai-nilai holistik dalam kurikulum merdeka untuk pendidikan anak usia dini ." Prosiding SINAU: Seminar Nasional Pendidikan Islam Anak Usia Dini 874.

Ali Kholis Muttaqin, al muhtadibillah , dkk. 2025. "Membangun kompetensi berpikir tinggi dan keterampilan kerja: analisis perbandingan taksonomi bloom revisi dan taksonomi simpson/harrow dalam konteks pendidikan SMA dan SMK." Jurnal Komunikasi dan Media Pendidikan 2.

Fadhila Humaira, maghfirah, qonita, dkk. 2024. "Pendekatan holistik dalam penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor untuk meningkatkan kualitas pembelajaran." Jurnal Kajian Agama Islam 123-124.

Fauziah ulfah Siti, Siti, dkk. 2023. "Konsep Pendidikan Holistik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Assajidin Sukabumi ." BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika .

Hasanah Nurhandayani, Darwisa, dkk. 2023. "Analisis strategi guru dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik di sekolah dasar." AoEJ: Academy of Education Journal 646.

Humaira Fadhila, Maghfirah, dkk. 2024. "Pendekatan holistik dalam penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor untuk meningkatkan kualitas pembelajaran." Jurnal Kajian Agama Islam.

Ika Ika, khoirun, dkk. 2024. "Pendidikan holistik dalam merangkul spiritualitas dan pengetahuan empiris." Concept: Journal of Social Humanities and Education 363 -364.

Imtihan nurul, darmiyanti, dkk. 2019. "Analisis problematika penilaian afektif peserta didik madrasah aliyah." Schemata 64-66.

Mu’awanah Elyatul, ita. "Analisis integrasi ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik dalam pembelajaran bahasa arab di madrasah aliyah: perspektif kurikulum merdeka." Advances In Education Journal 141.

Lusi Wijaya. 2023. "Peran guru profesional untuk meningkatkan standar kompetensi pendidikan." Jurnal Multidisiplin Indonesia.

Marta Aeni Nur, alfian, ardiansyah, siti dkk. 2024. Holistik mutu pendidikan. Tulungagung: Akademia Pustaka .

Nurhandayani Hasanah, darwisa, dkk. 2023. "Analisis strategi guru dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik di sekolah dasar ." AoEJ: Academy of Education Journal 636.

Nurhasnah, remiswal dkk. 2023. "Ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai objek evaluasi hasil belajar. jenis dan model evaluasi pendidikan, serta implikasinya dalam pendidikan islam." Jurnal Pendidikan Tambusai 28213-28214.

Sa’edi Moh, abdul, dkk. 2024. "Menerapkan evaluasi pembelajaran holistik di tengah perubahan kurikulum (Studi kasus di madrasah tsanawiyah al falah pasongsongan sumenep." JURNAL AL-ILMU Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 25.

Saringatun Mudrikah, dasep, septina. 2021. Inovasi Pembelajaran di Abad 21. Demangan: PRADINA PUSTAKA.

Satria, mohammad rizky. 2024. "Transformasi standar penilaiian dan revitalisasi asasmen pembelajaran di indonesia." Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan 58.

Pare Alprianti, hotmaulina. 2023. "Pendidikan holistik untuk mengembangkan keterampilan abad 21 dalam menghadapi tantangan era digital." Jurnal Pendidikan Tambusai 27780.

Subagis Jabal, Ari. 2022. "Pengembangan instrumen penilaian psikomotor pada penggunaan lego dalam mata pelajaran matematika sekolah dasar ." Jurnal Penelitian Pendidikan 12.

Sugiono, jelita, dkk. 2024. "Pertimbangan guru dalam memberikan penilaian mata pelajaran PJOK berdasarkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik pada siswa sekolah dasar di kota sorong." Unimuda Sport Journal: Jurnal Pendidikan Jasmani 89.

Suprihatien titien, arys, dkk. 2023. "Meta-Analisis : evaluasi hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada pembelajaran sinkronus dan asinkronus." TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Teresia, sudiansyah, dkk. 2024. "Analisis respon guru matematika jenjang SMA di kabupaten landak terhadap standart penilaian dalam kurikulum merdeka." JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) 7679.

Ulfah, opan. 2021. "Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor kognitif, afektif, dan psikomotoruntuk meningkatkan kualitas pembelajaran." Jurnal Al-Amar (JAA) 5-7.