Efektivitas Model Pembelajaran CPS Berbantuan LKPD Dalam MeningkatkanKemampuan Pemecahan Masalah di MTsN 3 Surabaya

Isi Artikel Utama

Krishela Herdita Putri
Devi Indah Maduri
Sa’ida Umi Mukarromah
Tatik Indayati
Indiarti

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan dan keefektifan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Ekologi Kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan juga menggunakan desain one-group pretest- posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, pre-test dan post-test. Uji validitas instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CPS efektif meningkatkan kapasitas pemecahan masalah siswa pada kurikulum ekologi kelas VII. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan yang signifikan antara nilai sebelum dan sesudah tes, dimana nilai pasca tes lebih tinggi dibandingkan dengan nilai sebelum tes. Dapat dilihat dari rata-rata nilai sebelum tes hanya sebesar 64, dan nilai pasca tes naik menjadi 69. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan agar paradigma pembelajaran CPS digunakan dalam pembelajaran.

Rincian Artikel

Bagian
Bagian Kebijakan

Referensi

Asyhari, Ardian, and Muhammad Sifa’i. 2021. “Problem-Based Learning to Improve Problem-Solving Skill: Is It Effective Enough?” Indonesian Journal of Science and Mathematics Education 4(1):78–88. doi: 10.24042/ijsme.v4i1.8674.

Dani, Putri Rahma, and Zubaidah Amir Mz. 2021. “Efektivitas Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Berbasis Model Creative Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan.” 7(2):123–28.

Elaby, Mohammed F., Hesham M. Elwishy, Saeed F. Moatamed, Mahmoud A. Abdelwahed, and Ahmed E. Rashiedy. 2022. “Does Design-Build Concept Improve Problem-Solving Skills? An Analysis of First-Year Engineering Students.” Ain Shams Engineering Journal 13(6):101780. doi: 10.1016/j.asej.2022.101780.

Harahap, Efrida, Rumondang, Lubis, Nenni Farida, and Roslian Lubis. 2020. “Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak Julu.” MathEdu (Mathematic Education Journal) 3(3):15–22.

Harefa, Darmawan, Tatema Telaumbanua, Murnihati Sarumaha, Kalvintinus Ndururu, and Mastawati Ndururu. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS).” Musamus Journal of Primary Education 3(1):1–18. doi: 10.35724/musjpe.v3i1.2875.

Laili, Nurul, Sigid Edy Purwanto, and Fitri Alyani. 2019. “Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Berbantu LKPD Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 6 Depok.” 14–37. doi: 0.36079/lamintang.ij-humass-0201.20.

Mahardika, I. Ketut, Maryani, and Selly Candra Citra Murti. 2021. “Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Disertai LKS Kartun Fisika Pada Pembelajaran Fisika Di SMP.” Jurnal Pembelajaran Fisika 1(2):231–37.

Mizyed, Hiea A., and Christine U. Eccles. 2023. “Understanding Emirati Teachers’ Challenges in Fostering Problem-Solving Skills Development in Early Years – A Preliminary Study.” Social Sciences and Humanities Open 8(1). doi: 10.1016/j.ssaho.2023.100561.

Partayasa, Wayan, I. Gusti Putu Suharta, and I. Nengah Suparta. 2020. “Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Minat.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 4(1):168. doi: 10.33603/jnpm.v4i1.2644.

Rahmah Novia Fauziah, Tina Rosyana, Wahyu Hidayat. 2020. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 9(1):645–54. doi: 10.20961/jkc.v9i1.53823.

Sri Lestari Handayani, Lailatul Rizanti Amaliyah. 2022. “Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Googlemeet: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(3):4939–47. doi: 10.31004/edukatif.v4i3.2808.

Sulaeman, Moch Gustiana, Nia Jusniani, and Erma Monariska. 2021. “Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.” 3(1):66–80.

Sumiantari, N. L. Eka, I. Nyoman Suardana, and Kompyang Selamet. 2019. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Siswa Kelas Viii Smp.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 2(1):12. doi: 10.23887/jppsi.v2i1.17219.

Sun, Shute, D’mello. 2019. “A Generalized Competency Model of Collaborative Problem Solving Chen Sun.”

Sundari Elgy. 2024. “Cendikia Pendidikan.” Cendekia Pendidikan 4(4):50–54.

Sylvia, Pramita, Rosita Putri, and Rahmi Haerani. 2023. “Analisis Kebutuhan Lingkungan Belajar IPA Terhadap Pemecahan Masalah Kognitif.” 15(2):97–102.

Wahyuningtyas, Dian Armadha, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta, and Sri Widyastuti. 2023. “Efektivitas Model Problem-Based Learning Berbantu Lkpd Etnosains Ponorogo Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Sd.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(1):5050. doi: 10.23969/jp.v8i1.7522.

Wansaubun, Windi A. 2020. “Upaya Meningkatkan Kreativitas Dalam Memecahkan Masalah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps).” Arfak Chem: Chemistry Education Journal 3(2):220–26. doi: 10.30862/accej.v3i2.305.